Gandeng IMAPAL dan DNR ‘Kaka Besar’ Kunjungi Korban Banjir Bandang di Kampung Puay

0
Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memberikan bantuan kepada warga di kampung Puay, sentani / Istimewa

Sentani, Topikpapua.com, –  Mantan Kapolda Papua, Irjen Pol Pulus Waterpauw beserta Ikatan Masyarakat Papua Alumni Jawa Timur (IMAPAL) bekerjasama dengan Yayasan Dos Ni Roha (DNR) Jakarta, Selasa  (09/04/19) mengunjungi dan memberikan bantuan tali asih bagi warga korban banjir bandang di kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Selain menyerahkan bantuan berupa sembako, obat obatan, air bersih dan minyak tanah, bagi sedikitnya 119 Kepala Keluarga (KK), di kesempatan itu juga dilakukan pengobatan gratis bagi warga setempat.

Irjen Pol Paulus Waterpauw yang merupakan Pembina Ikatan Alumni Jawa Timur menyatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian, keprihatinan terhadap para korban banjir bandang khususnya yang berada di kampung Puay.

“Jadi kami ingin berbagi kasih dalam kesempatan hari ini. Sebenarnya sudah direncanakan lama, namun karena membutuhkan koordinasi sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini,” ujar Paulus.

Paulus juga menyampaikan rasa berdukacita dan ikut prohatin atas musibah banjir bandang yang menerjang kabupaten jayapura pada 16 maret lalu, “Kami ikut prihatin dengan saudara saudara kita di kampung puay, kampung harapan, asey, yoka hingga ke wilayah sentani,” ucapnya.

Menurut mantan Kapolda Sumatera Utara ini, berkaca dari sebuah kejadian bencana maka ada hal yang harus di koreksi, diambil hikmahnya baik sebagai masyarakat, warga, aparat keamanan terlebih pemerintah.

“Karena apa? Ini mungkin karena kelalaian, kita semua tidak memanfaatkan hutan dan menjaga alam dengan baik,” ujar Paulus

Lanjut katanya, kegiatan tali asih ini juga sebagai wujud kebersamaan antara para alumni Jawa Timur.

“Jadi kebetulan kami kerjasama dengan Yayasan Dos Ni Roha (distributor obat obatan) yang bisa membantu kami. Sehingga kemudian komunikasi bisa berjalan dengan tim keluarga besar Jawa Timur Surabaya, kita bersinergi bersama sama membawa apa yang bisa kita bawakan mulai bantu dari kebutuhan bahan pokok, air minum, obat obatan. Termasuk karena ikanan alumni banyak yang berprofesi sebagai dokter sehingga kita juga membuka pengobatan gratis bagi warga setempat,”jelasnya.

Di kesempatan itu Jenderal Bintang Dua yang merupakan putra asli Papua ini berpesan bagi anak anak kampung setempat untuk terus belajar menggapai cita cita setinggi langit.  

“Kalian harus semangat belajar, nanti keluar Papua untuk mencari ilmu lalu balik untuk membangun daerah Papua,” pesannya seraya mencontohkan para alumni Jawa timur yang berhasil merantau ke jawa untuk menuntut ilmu dan kembali membangun Papua dengan profesinya masing masing.

Kepala Kampung Puay, Yusak Doyapo menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Jenderal Paulus Waterpauw bersama IMAPAL  dan DNR.

“Kami seluruh masyarakat kampung puay dengan senang hati, menerima bapa (paulus waterpauw) dan rombongan ke kampung kami. Jarang ada pejabat yang mau turun ke kampung, dan kami sangat menghargai itu,” ucapnya . (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here