Gagal di Tolikara, Jhon Tabo Kembali Maju di Pilkada 2020

0
DR (HC) Jhon Tabo, S.E., MBA/Ist

Jayapura, Topikpapua.com – Sempat gagal saat Pilkada Tolikara tahun 2017 silam, nama Jhon Tabo kembali mencuat dalam daftar bakal calon peserta Pilkada Serentak, 9 Desember mendatang.

Mantan Ketua DPRD Jayawijaya ini resmi memegang satu kursi ketewakilan PDI Perjuangan di Kabupaten Mamberamo Raya, sebagaimana hasil pengumuman resmi PDIP yang dibacakan Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.

“Mamberamo Raya, DR (HC) Jhon Tabo, S.E., MBA. dan Ever Mudumi,” sebut Puan Maharani saat membacakan nama calon usungan PDI Perjuangan dari Papua, dalam live streaming youtube, Selasa (11/08/20), siang.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Papua, Jhon Wempi Wetipo menyebut untuk Pilkada di 11 Kabupaten di Provinsi Papua, PDIP hanya memberikan dukungan untuk 9 bakal calon sebagaimana keterwakilan kursi parpol di DPRD kabupaten setempat.

Hanya saja, dari 9 dukungan itu, terdapat 7 Kabupaten dengan kursi keterwakilan minim, sehingga PDI Perjuangan harus berkoalisi dengan partai lain.

Adapun 7 kabupaten yang dimaksud,  di Kabupaten Merauke 4 kursi, Kabupaten Nabire 3 Kursi, Kabupaten Supiori 3 Kursi, Kabupaten Waropen 2 Kursi, Kabupaten Yalimo 2 Kursi, Kabupaten Kerom 1 Kursi, dan Kabupaten Mamberamo Raya 1 Kursi.

“ Asmat dan Boven Digoel kita memiliki jumlah kursi signifikan, sementara di Yahukimo dan Pegunungan Bintang non seat,” kata Wamen PUPR ini.

Mantan Bupati Jayawijaya ini juga memastikan, nama pasangan calon yang telah umumkan DPP, dipastikan telah mengantongi B1KWK.

 “Kita kalau sudah dipanggil DPP,  berarti sudah pasti 99 persen dukungan PDIP untuk  kandidat yang bersangkutan,” katanya.

Sekedar diketahui, PDI Perjuangan mengumumkan 75 nama bakal calon dukungan tahap III, dalam rangka Pilkada serentak 2020, enam calon diantaranya dari Papua.

Berikut daftarnya Kabupaten Keerom: Piter Gusbager –  Wahfir Kosasih, Kabupaten Yalimo : Lakius Peyon – Nahum Mabel, Mamberamo Raya: Jhon Tabo –  Ever Mudumi, Kabupaten Supiori: Ronny S. Gustaf Momoribo – Albert Edison Rumbekwan, Kabupaten Nabire: Mesak Magai –  Ismail Jamaluddin dan Kabupaten Merauke: Heribertus Silvinus Silubun – Bambang Setiadji Suji. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here