Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong saat memberikan keterangan pers usai peresmian Media Center Peparnas Papua/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com,- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meresmikan Media Center Pekan Olahraga Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua bertempat di Swiss-bel Hotel Jayapura, Selasa (2/11/2021).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong dalam peresmian itu menjelaskan fasilitas yang dibangun ini memiliki standar internasional, yang mana telah dibangun sebelumnya pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

“Kemenkominfo menyiapkan media center untuk memfasilitasi peliputan yang dilakukan pers, media center ini setara dengan yang diadakan untuk PON,” ungkapnya.

Di media center tersebut, Kemenkominfo juga menghadirkan jaringan data berkecepatan tinggi yang dapat diakses bagi para peliput Peparnas.

Sementara Deputi V Kantor Staf Kepresidenan, Jaleswari Pramodhawardani menambahkan, media center yang akan digunakan hingga 15 November 2021 tersebut, dibangun untuk menunjukkan Indonesia menjunjung tinggi kesetaraan bagi seluruh warganya.

Dengan begitu, lanjut Jaleswari, qpa yang diberikan saat PON juga akan dihadirkan dalam Peparnas yang merupakan ajang olahraga bagi para kaum disabilitas.

“Presiden selalu menyampaikan PON dan Peparnas harus menghasilkan sukses prestasi, administrasi, pelaksanaan dan sukses perekonomian,” ungkap Jaleswari.

Lebih jelas keberadaan Media Center Peparnas dengan fasilitas berstandar internasional, diharapkan dapat memunculkan banyak pemberitaan terkait event empat tahunan tersebut.

Menurut Jaleswari, hal ini dipandang mampu untuk menunjukan kepada dunia internasional bahwa Indonesia mampu menggelar event bertaraf internasional di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan fasilitas yang luar biasa ini, saya kira media bisa menyajikan pemberitaan terbaik dalam perhelatan berkelas internasional ini
Ini simbol persatuan dan kesatuan kita dalam melaksanakan Peparnas ini,” harapnya.

“Dalam Media Center Peparnas XVI, Kemenkominfo juga menyiapkan berbagai fasilitas bagi para jurnalis. Seperti ruang media center yang bisa digunakan wartawan menulis dan mengirim berita, ruang kesehatan, ruang makan, ruang relaksasi dan ruang jumpa pers,” imbuh Jaleswari.

Pelaksanaan Peparnas XVI 2021 Papua akan dibuka pada 5 November 2021 dan ditutup pada 15 Oktober 2021. Peparnas XVI akan diikuti 3.500 atlet dan ofisial dari 34 provinsi termasuk Papua sebagai tuan rumah.

Mereka akan bertanding pada 12 cabang olahraga di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here