Enam Balon dari Dua Kabupaten Ini Positif Covid-19, KPU : Sembuh Dulu Baru Lanjutkan..!

0
Anggota KPU Papua, Melkianus Kambu

Jayapura, Topikpapua.com, – KPU Papua minta panitia penerima pendaftaran di KPU tempat bakal calon terpapar Covid-19, untuk segera melakukan Tes PCR Corona.

Harapan ini menyusul terinfeksinya  6 bakal calon Bupati maupun wakil bupati, yang ada di 2 kabupaten pelaksana Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Papua.

“Kami harap ini menjadi perhatian KPU, khususnya di dua kabupaten agar segera melakukan deteksi dini untuk panitia pendaftaran bakal calon,” kata Melkianus Kambu, kemarin.

Tak hanya dari pihak KPU, Melkianus juga berharap tim bapaslon yang merasa salah satu calonnya telah terinfeksi Corona, untuk melakukan hal yang sama.

“Ya kami juga berharap, tim pendukung atau tim kampanye yang merasa kontak langsung dengan bakal calon ini, juga melakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Terkait dengan bakal calon yang telah dinyatakan positif tersebut, Melkianus menyebut telah melakukan isolasi mandiri, dan tentunya tidak dapat melakukan tahapan pemeriksaan tes urine di BNN, Tes Kesehatan di RS Dok II dan Psikotes.

Sebab, kata Melkianus, dalam  PKPU No.10 Tahun 2020 pasal 50 b, maka KPU setempat harus melakukan penundaan tahapan tes kesehatan, Narkoba dan Psikotes, kepada bakal calon yang dinyatakan positif.

“Jadi KPU harus melakukan pleno penundaan untuk tahapan ini, khusus kepada bakal calon yang terinfeksi,” jelasnya.

Selain itu ia juga menyampaikan keenam balon kepala daerah tersebut untuk sementara tidak bisa meneruskan tahapan pilkada hingga dinyatakan sembuh.

“Jadi  dari enam tersebut, ada empat bakal calon bupati dan dua bakal calon wakil bupati yang berasal dari Kabupaten Keerom dan Supiori,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU Papua mengumunkan terdapat 6 dari 35 bakal calon dinyatakan positif terpapar Corona.  Pilkada serentak 2020 di Papua sendiri direncanakan akan dilaksanakan di 11 kabupaten, yaitu di Keerom, Supiori, Waropen, Asmat, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Merauke, Boven Digoel, Yalimo, Nabire dan Mamberamo Raya. (Redaksi Topik)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here