Empat Hari Berkantor di Papua ini yang di lakukan Panglima dan Kapolri

0
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis saat merayakan natal bersama warga Wamena / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Setelah berkantor di Papua selama empat hari, Minggu 1 Desember Rombongan Panglima TNI dan Kapolri akhirnya kembali ke Jakarta.

Rombongan Panglima berangkat dari bandara sentani jayapura menggunakan pesawat Khusus milik TNI-Au dan diantar langsung oleh Kapolda Papua dan Pangdam XVII Cenderawasih serta Sekda Provinsi Papua mewakili Gubernur Papua.

” Kami berterima kasih banyak kepada semua stake holder dan Media atas doanya, sehingga peringatan 1 Desember tahun ini bisa berjalan dengan aman dan damai. dan kami sangat menghargai dukungan moril dan dukungan pasukan dari pusat juga atas kedatangan Panglima, Kapolri, Mendagri, Menkopolhukam dan pejabat pusat yang datang ke Papua, ” Ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw usai mengantar rombongan Panglima di base ops Silas Papare Sentani Jayapura, Minggu (01/12/19).

Kapolda Papua mengaku bila kehadiran para pejabat dari pusat ke Papua selama empat hari memberikan bukti bahwa negera selalu hadir di Papua untuk memberikan rasa aman kepada warga Papua.

” Saya sampaikan apresiasi yang tinggi atas perhatian pimpinan TNI-Polri kepada Papua, dan ini bukti bahwa pemerintah selalu hadir di papua untuk berikan rasa aman kepada warga di Papua, ” Kata Kapolda.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis saat memberikan bantuan sembako bagi warga di perbatasan RI-PNG / ist

Panglima TNI Marsekal Hadi Djahjanto dan Kapolri Jendral Idham Azis tiba di jayapura sejak tanggal 28 November 2019. di hari pertama kunjungan Panglima dan Kapolri mengunjungi daerah perbatasan RI-PNG di daerah Skouw, Distrim Muara Tami, Kota Jayapura.

Dalam kunjungan tersebut Panglima dan Kapolri memberikan bantuan sembako bagi warga yang tinggal di daerah perbatasan dan melihat langsung acara bakti sosial berupa pengobatan gratis yang di gelar TNI-Polri di daerah Perbatasan.

Dari perbatasan Rombongan Panglima melanjutkan kunjungan menuju kabupaten Jayawijaya, di Wamena rombongan Panglima bertatap muka dengan ribuan personil TNI Polri di gedung Ukumiarek Asso dan meninjau pasar Woma yang usai di bangun pasca kerusahan pada 23 september lalu.

Hari kedua berkantor di Papua, Rombongan mengunjungi kabupaten Mimika untuk melihat secara langsung Latihan Kesiapan Operasi (LKO) yang di laksanakan di Lanud Yohanes Kepiyou. Dalam giat tersebut hadir juga Mendagri Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis saat berkunjung ke Pos Satgas di Mile 39 Tembagapura / ist

Rombongan lalu mengunjungi Pos Satgas TNI-Polri di Mill 39 Tembagapura untuk melihat secara langsung kondisi personil yang bertugas di pos-pos pengamanan PT Freeport.

Selanjutnya di hari ketiga (30 November 2019) Rombongan Panglima kembali terbang ke Wamena untuk menghadiri acara Kebaktian Kebangunan Rohani Natal  Kabupaten Jayawijaya serta memberikan kado Natal bagi Warga Wamena.

Selain ikut merayakan natal bersama ribuan warga Wamena, Rombongan Panglima dan Kapolri juga menghadiri giat Bhakti Sosial yang di gelar TNI-Polri di kota Wamena.

Sementara itu di hari yang sama Menkopolhukam, Mahfud MD juga melaksanakan kunjungan kerja ke Jayapura. Menko Mahfud bertemu dengan para tokoh papua di hotel swisbell dan selanjutnya bertemu dengan para tokoh pemuda di hotel Yasmin.

Kapolri, Jendral Idham Azis bersama Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Personil Polda Papua / ist

Dihari terakhir kunjungan Kapolri Jendral Idham Azis bertemu mengunjungi Mapolda Papua untuk memberikan arahan kepada personil di Polda Papua. Sementara Mendagri Tito Karnavian mengunjungi Stadion Papua Bangkit untuk megecek kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020.

” Saya Optimis ya papua bisa menggelar PON XX, secara Venue hampir rampung semua, progresnya bulan Juni tahun 2020 semua Venue sudah rampung, hanya saja masalah penginapan yang harus di perhatikan, ” Ungkap Tito Karnavian saat meninjau stadion Papua bangkit, Minggu (01/12/19).

Tito berharap selain masalah penginapan, Pemerintah Papua juga bisa memperhatikan masalah keamanan dan kenyamanan peserta PON.

Usai mengunjungi Stadion Papua bangkit Mendagri bergabung dengan Panglima dan Kapolri untuk makan siang bersama sebelum menuju base Ops Silas Papare. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here