Dua PDP Covid-19 di Merauke Positif, Tiga PDP di Jayapura Negatif

0
Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Hingga hari ini , Minggu 22 Maret 2020, pukul 18.00 WIT jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona atau covid-19 di Provinsi Papua mencapai 13 orang, Sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 478.

Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengatakan ada penambahan jumlah PDP sebanyak empat orang. Sementara dari total 13 PDP tersebut, dua diantaranya telah di pastikan positif, dan tiga lainnya Negatif.

“ PDP kita sekarang sudah 13 orang, empat yang baru semuanya ada di Merauke. Dua yang di Merauke sudah positif tapi ada juga tiga di jayapura yang ternyata Negatif, “ Kata Sumule lewat sambungan telepon nya, Minggu (22/03/20).

Untuk pasien yang telah dinyatakan negatif corona, Sumule memastikan mereka tetap masih menerima perawatan.

“Ada pelayanan khusus yang kami tetap disampaikan oleh dokter mereka, karena mereka ini menderita Pneumonia, artinya bukan di karenakan virus Corona, tapi disebabkan oleh karena yang lain, jadi Pneumonia tetap harus diobati,” Jelas Sumule.

Sementara untuk dua pasien yang positif saat ini masih di rawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Merauke.

“Jadi saat ini di Merauke itu sudah ada 6 PDP, dua diantaranya Positif, 5 PDP di Jayapura, tiga diantaranya Negatif, dan dua orang di Biak yang hasil tes darahnya belum kami terima, mudah-mudahan senin besok sudah ada, “ Kata Sumule.

Sumule menjelaskan, untuk 4 PDP baru di Merauke akan segera diambil sampel swabnya dan segera dikirim ke Jayapura untuk segera diperiksa di Balitbangkes Papua.

“Empat (PDP) di Merauke itu, kita upayakan bisa dikirim ke Jayapura, tapi kami masih Kendala mediumnya itu yang kita siapkan,” kata dia.

Sementara itu untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua ada penambahan 6 orang, dari  472 orang menjadi 478.

 “ Sekali lagi saya sampaikan bahwa angka ini berdasarkan laporan yang masuk ke kami berdasarkan by name dan by andress yang lengkap, jadi kalau ada yang bilang kok kemaren meningkat tajam dan sekarang hanya 6 saja, ya itu karena laporan yang kami terima memang cuman segitu, “ Pungkas Sumule. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here