DPRD Kabupaten Jayapura Minta LPJ Dana Penyertaan Modal di Perusda Baniyau

0

Sentani, Topikpapua.com,  –  DPRD Kabupaten Jayapura minta Perusahaan Daerah (Perusda) Baniyau, memberikan laporan pertanggung jawaban dana penyerataan modal senilai miliaran rupiah.

Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo menyebut dana pernyertaan modal yang diberikan Pemkab Jayapura kepada Perusda Baniyau,  telah berjalan sejak beberapa tahun terakhir, untuk untuk membangun perumahan BTN Pemda di Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura.

“Nah perumahan itu telah selesai dibangun, walaupun belum laku semuanya, tapi harus ada pertanggung jawaban penggunaan dana tersebut,” kata Klemens Hamo.

Sepengetahuannya, lanjut Klemens, Perusda Baniyau meminta dana penyertaan modal sebanyak dua kali kepada pemerintah, untuk pembangunan perumahan komersil.

Sehingga, kata Klemens, DPRD Kabupaten Jayapura berencana mengundang Perusda Baniyau ini, untuk menanyakan langsung tentang pertanggung jawaban dana yang telah digunakan tersebut.

“Makanya juga kita panggil agar mereka bisa memberikan penjelasan terkait penggunaan dana itu. Jadi kita tidak saja memberikan mereka uang terus-menerus, tetapi mereka harus mempresentasikan hasil kerja mereka selama ini, termasuk anggaran-anggaran dana penyertaan modal yang sudah diberikan oleh pemerintah,” katanya.

Apalagi, dalam perubahan APBD tahun anggaran 2020, BUMD milik Pemkab Jayapura ini kembali mengajukan dana tambahan senilai Rp1 miliar.

“Pengajuan dana itu pun sudah disetujui oleh DPRD Kabupaten Jayapura. Memang dana ini untuk  menunjang program kegiatan mereka, tapi ini dan itu nanti harus dipertanggung jawabkan yang telah digunakan dulu,” katanya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here