Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP/Irf

Sentani, Topikpapua.com –  Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP menyebut pihaknya akan mendorong Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang New Normal.

Mirisnya, wacana ini justru timbul, disaat Bupati Kabupaten Jayapura, sedang gencar-gencarnya memperketat Protocol Kesehatan (Prokes) di wilayah Pemerintahannya.

 “Saya juga sedang berpikir, untuk kita bisa merancang atau mendorong rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang New Normal. Sehingga kalau tahun ini kita jadi tetapkan, misalnya di tahun 2021 kalau sudah berlaku maka kami sudah punya regulasi yang telah disiapkan,” katanya, Jumat (17/7/2020) sore kepada wartawan di Media Center DPRD Kabupaten Jayapura, usai pelaksanaan Rapat Paripurna Laporan Bapemperda dan Jawaban Bupati Jayapura atas laporan Bapemperda DPRD Kabupaten Jayapura.

Ia mengatakan, penekanan Perda New Normal tersebut, juga sebagai salah satu upaya dalam  menjalankan protokol kesehatan (prokes) seperti jaga jarak dan wajib memakai masker.

“Supaya masyarakat tidak lagi bicara diberikan sanksi karena adanya keputusan ini dan itu. Tapi sudah ada keputusan (peraturan) daerah yang resmi, untuk menjain leluasa kegiatan masyarakat di daerah ini,” katanya.

Untuk menguatkan pelaksanaan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, dia menjelaskan, perda tersebut juga akan mengatur sanksi pelanggaran. Soal sanksi atau denda seperti apa, Klemens mengatakan hal itu akan dibahas lebih lanjut oleh Bapemperda DPRD Kabupaten Jayapura.

“Kami coba cari regulasi yang tepat dan letakkan regulasi ini dengan baik. Karena kita kan tidak tahu, Covid-19 ini hilang atau tidak, jangan sampai bersahabat dan bersaudara dengan kita. Nah, regulasi ini sudah harus kita siapkan dari sekarang untuk memberikan proteksi perlindungan terhadap masyarakat,” jelasnya.

Dia mengatakan, meskipun pekan depan akan diperketat lagi standar penerapan protokol kesehatan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, pihaknya tetap mengingatkan kepada warga Kabupaten Jayapura akan pentingnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat-tempat publik.

“Sebagai pimpinan DPRD, saya mengimbau kepada semua warga di Kabupaten Jayapura ini untuk tidak panik. Kemudian tetap mematuhi protokol kesehatan, kami juga memberikan apresiasi kepada Tim Gugus Tugas Covid-19,” jelasnya. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here