Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Wanimbo (tengah) didampingi, Diaz Gwijangge (kiri) dan pengacaranya, Aloysius Renwarin (kanan) saat memberikan keterangan pers / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Publik di Papua sempat diguncang dengan pemberitaan dari beberapa media nasional yang menyebut Ketua DPRD Kabupaten Tolikara, Sonny Wanimbo ikut serta dalam pembiayaan pergerakan Kelompok Kriminal Bersebjata (KKB).

Terkait pemberitaan itu Sonny Wanimbo angkat bicara, kepada pers Sabtu (19/06) siang Sonny membantah telah mentransfer dana sebesar Rp370 juta kepada Ratius Murib, tersangka penyuplai senjata dan amunisi untuk KKB yang tertangkap di bandara Mulia 14 Juni lalu.

Baca Juga : Pemuda Penjual Senpi Bagi KKB Ditangkap di Puncak Jaya

Sonny menegaskan tidak mengenal Ratius Murib, sebagaimana yang disampaikan Polisi di media.

“Apa yg diberitakan kepolisian, bahwa salah satu tersangka penyuplai senjata dan amunisi yang ditangkap, dia pada saat interogasi menyebut nama saya. Saya tidak tahu, dan tidak mengenal dia (Ratius Murib) sampai berita ini viral,” tegas Sonny

Sonny juga menegaskan, tidak pernah melakukan transfer dana kepada Ratius.

Baca Juga : Kapolda Papua Sebut Ratius Murib Adalah Anggota KKB Numbuk Telenggen

“Ketemu saja tidak pernah, apalagi mau transfer. Dia (Ratius) orang Puncak sementara saya orang Tolikara. Bilang saya teman kuliah? gimana ceritanya saya kuliah di Jakarta, dia di Bali,” bantah Sonny yang saat melanjutkan kuliah pasca sarjana di Jakarta.

Ia juga menegaskan, siap jikalau nantinya pihaknya Kepolisian memanggilnya untuk diperiksa

“Sampai sekarang belum ada surat panggilan, kebetulan saya juga baru tiba di Jayapura karena kemarin ada diluar daerah. Pemanggilan saja belum, apalagi tersangka,” tegasnya seraya menambahkan, tudingan ini masuk kategori pencemaran nama baik dan pembunuhan karakter.

Baca Juga : Akhir Perjalanan Paniel Kogoya, Kurir Pembeli Senjata Bagi KKB

“Kalau ada surat pemanggilan, saya siap,” tegasnya lagi

Sementara itu Kuasa Hukum Sonny Wanimbo, Aloysius Renwarin menambahkan, pihaknya siap mendampingi kliennya jikalau nantinnya ada proses hukum di Kepolisian

“Lebih dari 100 pengacara siap mendampingi, kita akan ambil langkah hukum setelah ini,” tegasnya.

Baca Juga : Bupati Intan Jaya Sebut KKB Rampas Dana Desa untuk Beli Senjata

Seperti diberitakan sebelumnya, Satgas Nemangkawi telah menangkap seorang yang diduga sebagai penyuplai senjata dan amunisi untuk KKB bernama Ratius Murib pekan lalu.

Ratius ditangkap saat sedang transit di Bandara Mulia, Puncak Jaya, selain menangkap pelaku turut disita uang tunai sebesar Rp370 juta. Uang tersebut diduga kuat akan dibawa ke Timika untuk membeli senjata yang sudah dipesan dari salah satu rekan Ratius Murib.

Dilansir dari cnnindonesia, kasatgas Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudusy  mengatakan hasil pemeriksaan terhadap Ratius Murib alias Neson Murib di ketahui uang sejumlah Rp 370 juta tersebut di peroleh dari ketua DPRD Tolikara Soony Wanimbo. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here