Dirut RSUD Dok II Ungkap Kendala Pembangunan 10 Ruangan Isolasi Covid-19

0
Dirut RSUD Dok II, dr. Aloysius Giyai / Nug

Jayapura, Topikpapua.com, – Dirut RSUD Dok II Jayapura, dr. Aloysius Giyai mengatakan hingga kini pihaknya masih dalam proses renovasi ruangan isolasi untuk pasien Covid-19.

Diakui dr. Alo pihak nya mengalami sedikit kendala, selain masalah kurangnya anggaran, standard yang di haruskan untuk membangun ruang isolasi  juga dikatan nya cukup tinggi.

“Jadi nanti ruang saraf itu saya rehap semua, saat ini kami lagi kerja, karena ini standard nya sangat tinggi, bukan biasa tapi tinggi, harus pasang pipa filter, fentilatur dan harus pasang kamar mandi khusus, “Ungkap dr. Giyai kepada Redaksi Topik, Jumat (20/03/20).

Dijelaskan dr.Allo bila pihaknya telah bekerja untuk membangun ruangan isolasi bagi pasien covid-19 sejak empat hari lalu dan di perkirakan akan rampung pekan depan.

“Ini kita sudah kerja dari empat hari lalu dan kami usahakan dalam satu minggu lagi sudah selesai. Ada 10 ruangan semua, “katanya.

Menurut mantan Kadinkes Papua itu kendala lain yang di hadapi adalah kondisi awal Rumah sakit yang tidak layak, ‘’Kendalanya, memang dari awal kondisi rumah sakit itu sudah tidak layak ya.., saya juga heran kenapa kita punya Rumah sakit kondisinya begitu, kalau masalah anggaran memang kita butuh ya untuk renofasi, dan sudah kami usulkan ke satgas ada hal-hal emergensi yang harus segera di penuhi, “Bebernya.

Namun dr Giyai engan menyebutkan besar angaran yang di butuhkan untuk merenofasi 10 ruangan tersebut.

“ Saya bersyukur juga ya karena waktu tahun lalu saat bahas angaran perubahan di tahun 2019 saya sempat usulkan untuk bangun beberapa ruangan untuk termonologi dan ruangan saraf, dan anggaran itu yang akan saya relokasi ke renofasi ruangan isolasi covid-19, “Pungkas dr.Giyai.

Hingga kini berdasarkan data yang di peroleh dari Satgas Penanganan Covid-19 corona virus Papua di laporkan hingga jumat siang jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) covid-19 di Papua sebanyak 5 orang, sedangkan jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) sebanyak 333 orang. Belum ada warga Papua yang positif.

Untuk melengkapi pengatahuan kita tentang Virus Corona, Pemerintah Pusat telah menerbitkan sebuah situs web dengan alamat : covid19.go.id

Situs tersebut memuat semua informasi tentang apa itu corona virus, cara penularannya hingga bagaimana cara melindungi diri dari serangan corona virus. Dalam situs tersebut kita juga bisa memperoleh informasi update jumlah orang yang positif hingga daerah penyebarannya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here