Dirut RSUD Dok II Terima Penghargaan dari Perwanki

0
Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai. M.Kes bersama istri dan staf saat menerima penghargaan/Ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Direktur RSUD Dok II Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes menerima penghargaan dari Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (Perwamki) sebagai Tokoh Inovatif Kesehatan.

Penghargaan itu diterima langsung mantan Kadis Kesehatan Papua ini, di Hotel Aston Bellevue, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/20) dalam acara “Malam Cinta Bagi Negeri” bertajuk Berkarya dan Memberi yang Terbaik.

Ketua Panitia acara dari Perwamki, Emanuel Dapa Loka mengatakan Aloysius dipilih bersama 17 tokoh lain yang memiliki dedikasi dan karya besar mereka dalam berbagai bidang.

Ia menyebut, Aloysius Giyai telah membuktikan karya nyatanya dalam membangun sektor kesehatan di Papua, sejak dipecayakan menjadi Direktur RSUD Abepura  selama 2009-2014.

“dr Aloysius mengubah wajah rumah sakit yang kumuh itu menjadi rumah sakit yang bersih dan nyaman plus sistem pelayanan kesehatan, dan itu diwariskannya h dengan baik hingga saat ini,” katanya.

Selain itu, Perwamki juga melihat selama menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua selama 2014-2020, Aloysius juga membuat sejumlah program terobosan, di antaranya meluncurkan Kartu Papua Sehat (KPS) bagi masyarakat Asli Papua dan membentuk Satuan Tugas Kaki Telanjang (Satgas Kijang) bagi pelayanan di wilayah terisolir, terpencil, jauh dari fasilitas kesehatan,” tegas Eman.

Eman juga mengapresiasi sosok pria kelahiran Onago, Deiyai, 8 September 1972 ini yang sedang giat-giatnya membangun RSUD Jayapura sebagai fasilitas kesehatan rujukan tertinggi di Papua.

Menurutnya, berbagai gebrakan pembangunan dilakukan Aloysius untuk mengubah lingkungan rumah sakit, membangun unit-unit pelayanan dan melengkapi alat-alat kesehatan berstandard internasional, serta mengubah sistem pelayanan.

“Hal itu sebagai bukti bahwa beliau memiliki komitmen dan kepedulian yang tinggi untuk menyelamatkan orang Papua dari kematian akibat penyakit,” katanya

Direktur RSUD Jayapura Aloysius Giyai dihubungi terpisah mengaku dirinya belum banyak melakukan apa yang menjadi keinginan masyarakat di bidang kesehatan.

Ia menyadari, masih banyak kekurangan yang dimilikinya dan sejumlah PR yang harus dikerjakan, terutama dalam tugasnya saat ini untuk mengubah RSUD Jayapura .

“Tetapi mungkin ini penilaian dari Perkumpulan Wartawan Media Kristian Indonesia ya saya terima dengan senang hati. Ini menjadi motivasi dan pelecut semangat saya untuk bekerja melakukan perubahan di bidang kesehatan,” katanya.

Aloysius mengatakan, penghargaan tersebut akan di persembahkan bagi seluruh rakyat Papua, terkhusus seluruh jajaran direksi RSUD Jayapura yang setia dalam gelora semangat, arah langkah dan pikiran yang sama untuk mengubah dan memperbaiki RSUD Dok II.

“Penghargaan ini dilakukan dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional 10 November, Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 tahun tanggal 12 November dan HUT Perwamki ke 17. Terima kasih teman-teman pers dari Perwamki atas penghargaan ini,” katanya Aloysius. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here