Srikandi pencak silat Papua, Lilis Karubaba saat membakar api abadi PON di Kota Jayapura/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Kirab Api abadi Pekan Olah Raga Nasional (PON XX) Tahun 2021 Papua, menuju puncak perjalanannya. Penyalaan Api PON pada kaldron di Stadion Utama Lukas Enembe Sentani, Papua akan menjadi rangkaian penting dan bersejarah pada kegiatan opening ceremony di stadion tersebut Sentani, Sabtu (2/10/2021).

Kirab Api PON yang sebelumnya melewati perjalanan di empat wilayah adat Papua tiba di Kota Jayapura, Jumat (1/10/2021).

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menerima Kirab Api PON XX Papua yang di bawa oleh tiga atlet nasional terbaik, yakni Taufik Hidayat (atlet bulutangkis Indonesia), (Boaz Solossa atlet sepak bola Indonesia) dan Lilis Karubaba (atlet pencak silat) kemudian diserahkan kepada Bupati Jayapura.

Wali Kota BTM menegaskan, ini adalah sejarah bagi Papua, khususnya Kota Jayapura, sebagai kluster terbesar di PON XX Papua tahun 2021, terdiri dari 16 cabang olahraga, 16 venue dan 22 disiplin.

“Semoga kedepannya dunia olahraga terutama di Papua akan berkembang dan dapat bersaing dengan kota-kota maupun provinsi lainnya di Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan itu Lilis Karubaba, srikandi pencak silat kebanggaan Papua selaku pembawa Kirab api PON XX, berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk menjadi bagian penting dalam kirab ini.

“Saya sangat bersyukur untuk membawa sebuah obor kehormatan untuk PON ini, dimana ini untuk pertama kali bagi saya. Semoga ini menjadi penyemangat bagi para atlet yang akan bertanding di PON XX Papua,” ungkapnya.

Sementara Bupati Jayapura yang diwakili Sekda Hana S. Hikoyabi usai menerima api PON mengatakan, agenda kirab obor ini akan menjadi penanda agar masyarakat tahu bahwa PON akan segera dimulai dan Kabupaten Jayapura akan menjadi suksesor PON.

“Semoga masyarakat adat, para ondofolo, dan juga pemerintah Kabupaten Jayapura siap untuk melaksanakan bahkan semua masyarakat siap mendukung ” terangnya.

Selanjutnya Kirab Api PON XX dilepaskan oleh Sekda Jayapura untuk menuju puncaknya di Stadion Utama Lukas Enembe. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here