Puing-puing kebakaran bangunan penginapan dan kios di Kabupaten Dogiyai, Minggu (2/1/2021) foto ist

Jayapura, Topikpapua.com,– Kebakaran kembali terjadi dan menghanguskan sebuah bangunan penginapan dan tujuh unit bangunan kios di Jalan Trans Nabire-Paniai, Kampung Ekimanida, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai, Papua, Minggu (2/1/2022) sekira pukul 02.01 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan, dalam musibah tersebut tidak terdapat korban jiwa dan nilai kerugian materiil masih dilakukan pendataan oleh anggota di lapangan.

“Untuk penyebab terjadinya kebakaran masih dilakukan penyelidikan oleh anggota Polsek Kamuu dibackup oleh tim Inavis Polres Nabire,” kata Kamal di Jayapura.

Kamal menjelaskan kronologis kebakaran itu berawal sekira pukul 02.01 WIT, dimana dari keterangan saksi berna Jeck bahwa saat itu ia melihat adanya api dari penginapan milik Malondong. Melihat kejadian tersebut, sambung Kamal, saksi spontanitas berteriak meminta pertolongan kepada warga dan langsung membangunkan orang-orang yang tinggal di sekitar penginapan.

“Namun bangunan yang terbuat dari semi permanen membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke bangunan disebelahnya,” jelasnya.

Sekira Pukul 02.17 WIT, anggota Polsek Kamuu dibackup Satgas Brimob Moanemani langsung mendatangi TKP. Setibanya di TKP anggota langsung melakukan pengamanan di arel TKP kebakaran dan bersama-sama warga memadamkan api dengan alat seadanya.

“Ya, sekitar jam 03.50 WIT api baru berhasil dipadamkan,” beber Kamal.

Menurut Kamal kasus kebakaran itu dalam penanganan Unit Reskrim Polsek Kamuu. Kamal pun mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam penggunaan alat elektronik, khususnya penggunaan charger pada telepon seluler.

“Ini yang penting untuk diperhatikan warga. Harus dipastikan bahwa charger tersebut dalam kondisi layak. Kemudian juga memperhatikan instalasi listrik untuk mencegah korsleting arus listrik, karena hal-hal tersebut rawan sebagai penyebab terjadinya kebakaran,” tandas Kamal. (Redaksi Topik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here