Menteri Sosial, Tri Rismaharini saat bertemu dengan Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) mengaku kagum dengan sosok Tri Rismaharini, Mantan Walikota Surabaya yang kini menjabat sebagai Mentri Sosial RI.

Menurut Walikota BTM, walau tak masuk dalam jadwal kunjungan ke Jayapura, namun Ibu Risma menyempatkan diri untuk bertemu dengan BTM guna membahas berbagai hal terkait keadaan sosial masyarakat di kota Jayapura.

“ini di luar jadal kunjungan beliau, namun Ibu Risma menyempatkan untuk mengunjungi teman baiknya, bahkan saat saya sampaikan kebutuhan kami di kota jayapura, langsung di jawab, “Ungkap BTM kepada Redaksi Topik lewat pesan singkatnya, Minggu (08/08/21).

Baca Juga : Kunjungi Jayapura, Ini yang Dilakukan Mensos “Mama Risma”

Menurut BTM ibu Risma memberikan bantuan kepada Pemkot Jayapura berupa paket lengkap covid-19 yang terdiri dari masker dan vitamin.

“Saya sampaikan juga kalau kita butuh mobil lapangan dan gedung untuk isolasi mandiri pasien covid-19 dan Ibu Risma langsung menjawab akan di bantu, Ibu Risma juga berjanji akan menambah jumlah penerima BLT di kota Jayapura, “Ujar BTM

BTM mengaku hubungan baik antara dirinya dengan ibu Risma sudah terjalin sejak lama, saat Ibu Risma masih menjabat sebagai Walikota Surabaya.

“Makasih Ibu mentri, teman lama sejak walikota Surabaya, waktu dia sakit aku jenguk, Beliau banyak bantu saya dalam pelayanan publik di pemkot Jayapura, “Pungkas BTM.

Sebelumya Mentri Sosial, Tri Rismaharini juga mengunjungi posko pengungsi korban banjir bandang 2019 di daerah Palomo Sentani.

Selain memberikan bantuan logistik, Mensos Risma juga berjanji akan membangun 76 rumah layak hubi bagi korban banjir di daerah doyo baru, Sentani.

Mensos Risma juga memberikan sejumlah bantuan kepada masyakarat di kabupaten dan kota jayapura dengan total Rp949.912.000. Dengan rincian bantuan berupa alat bantu aksesibillitas (kursi roda, tripod, dan walker) sebanyak 152 unit dengan nilai Rp149.850.000.

Bantuan kewirausahaan (usaha bengkel tambal ban, usaha stempel, usaha sate ayam, usaha sablon, usaha servis HP, dan usaha kedai minuman) sebanyak 395 paket dengan nilai Rp125.200.000. Bantuan untuk usaha kios, kios pulsa, dan kios sembako sebanyak 20 paket dengan nilai Rp65.600.000.

Bantuan untuk peternakan sapi, kambing dan babi sebanyak 24 paket dengan nilai Rp77.000.000. Kemudian ada juga bantuan untuk kebutuhan dasar yakni makanan, pakaian, penambah daya tahan tubuh, dan masker sebanyak 550 paket dengan nilai Rp532.362.000.

Kemensos juga menyalurkan bantuan masker dan vitamin melalui Karang Taruna Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Bantuan dikirimkan sebanyak 1.270 paket per Kabupaten/Kota, total 2.540 paket bantuan. Kemudian bantuan untuk Kabupaten/Kota yang lainnya akan dikirimkan menyusul menggunakan PT. Pos Indonesia.

Bantuan masker dan vitamin melalui forum kerukunan umat beragama (FKUB) berupa masker medis sebanyak 824 karton, paket vitamin 5.250 paket, vitamin D1000 IU, vitamin C tab 250 mg, dan vitamin Zink tab 20 mg.

Ada juga bantuan untuk persipan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berupa 5 paket Alat Sablon, 1 unit PC i5 Ram 8 Gb (monitor & CPU) dan printer warna, 10 lusin kaos oblong lengan pendek warna warni, dan Buku Cerita Anak. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here