Oknum PNS Kabupaten Yahukimo berinisial ES yang diamankan Anggota Ops Satgas Nemangkawi, yang diduga sebagai pemasok amunisi bagi KKB di Yahukimo/ist

Jayapura Topikpapua.com, – Anggota Ops Satuan tugas (Satgas) Nemangkawi, Rabu (22/9/2021) berhasil menangkap pelaku berinisial ES, oknum PNS Kabupaten Yahukimo yang diduga sebagai pemasok senjata api ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Yahukimo, Papua.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan, kronologis penangkapan pelaku ES berawal dari laporan yang diterima anggota Satgas Nemangkawi dari masyarakat pada hari dan tanggal tersebut diatas sekira pukul 13.34 WIT, dimana terdapat sebuah truk dinas berplat merah milik Pemda Yahukimo di yang tengah parkir tepatnya di Jalur 1 Bawah Kompleks Ambruk Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Lanjut Kamal, setelah Tim Ops Nemangkawi memeriksa bagian bak truk tersebut, alhasil ditemukan sekelompok orang dan juga sejumlah barang bukti antara lain, 26 butir amunisi 5,6 5TJ, 8 butir amunisi 38 SPC, 1 buah magazine M-16, 1 pasang pakaian loreng KNPB, 1 buah sabit, 2 buah kapak, 1 unit laptop dan 1 unit radio rig.

“Saat itu juga anggota Satgas Nemangkawi mengamankan oknum pelaku (ES) yang adalah sopir truk dan merupakan oknum ASN Pemkab Yahukimo beserta barang bukti ke Mako Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan,” ujar Kamal kepada redaksi Topik di Jayapura, Kamis (24/9/2021).

Tak hanya itu, kata Kamal, Tim Ops Nemangkawi juga melakukan penggerebekan rumah milik ES di Kompleks Perumahan Sosial Km. 4, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, yang diduga merupakan tempat persembunyian sejumlah barang bukti lainnya.

“Dari penggerebakan rumah oknum ASN Pemkab Yahukimo inisial ES itu, ternyata disana (rumah) juga menyimpan barang bukti yakni amunisi dan magazine 5.56,” sebut Kamal lagi.

Sebelumnya, kata Kamal, pada Jumat (27/8/2021) lalu, Tim Ops Nemangkawi juga berhasil mengamankan satu orang oknum ASN Pemkab Yahukimo berinisil EB yang notabene merupakan Kepala Distrik (Camat) dan 15 orang lainya yang diduga merupakan simpatisan KNPB dan KKB wilayah setempat.

Dari 15 orang tersebut, masih dikatakan Kamal, Tim OPS Nemangkawi berhasil mengungkap 5 diataranya yang merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Polres Yahukimo atas serangkaian pembunuhan sadis di Kabupaten Yahukimo beberapa waktu lalu, yang mengakibatkan masyarakat sipil dan Anggota Polri Maupun TNI meninggal dunia.

Kemudian pada tanggal 23 agustus 2021 juga Tim Ops Nemangkawi berhasil membebaskan Karyawan PT. Indo Papua yang disandra oleh KKB Wilayah Dekai Kabupaten Yahukimo-Papua.

” Segala upaya-upaya penegakan hukum kami lakukan terhadap KKB yang selalalu mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Yahukimo dengan melakukan berbagai pembunuhan secara sadis. Dan kini pimpinannya Ananias Yalak atau yang dikenal dengan sebutan Senat Soll sudah berhasil diamankan oleh Tim OPS Nemangkawi, pada Kamis 2 September 2021 lalu,” tandasnya.(Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here