Pasangan Petahana, Costan Oktemka - Deki Deal (CODE) menuju ke Kantor KPU Pegunungan Bintang/Tj

Pegubin, Topikpapua.com, – Pasangan, Costan Oktemka, S.IP- Deki Deal, S.IP kembali mencalonkan diri, untuk dua periode di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Pasangan yang menamakan diri CODE ini, resmi mendaftar di KPU Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (05/09/20).

Pantauan Redaksi Topik, kedua pasangan Petahana ini dihantar ribuan pendukungnya ke Kantor KPU. Semangat melanjutkan dua periode, ditunjukkan masyarakat pendukung dengan berjalan kaki dari kediaman lama Costan di Kampung Nutok ke kantor KPU di Jalan Mabilabol, Kelurahan Okmatok Distrik Oksibil.

Arak-arakan massa pendukung CODE menuju Kantor KPU Pegunungan Bintang/Tj

“CODE diusung enam Parpol untuk melanjutkan pembangunan 5 tahun kedepan,” kata Ketua Tim Sukses COBA, Denius Taplo, S.HI.

Ia mengungkapkan enam parpol pendukung tersebut, secara keseluruhan berjumlah 20 kursi atau 80 persen dukungan. Dengan rincian, Partai Demokrat dengan keterwakilan 6 kursi DPRD, Partai Nasdem sebanyak 6 kursi, Partai Gerindra 3 Kursi, Partai Hanura 3 kursi, PKB 1 kursi dan PKS 1 Kursi.

“20 kursi dari 25 ketewakilan Parpol di DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang memilih lanjutkan 2 Periode, artinya 5 tahun itu tidak cukup, harus 10 tahun untuk membangun, dan saya nyatakan Demokrat melakukan itu, dukungan penuh kepada pasangan ini selama 2 periode,” katanya sembari menyerukan ‘Lanjutkan CODE untuk Perubahan’

Sementara Costan Oktemka mengatakan kehadiran masyarakat menjadi lampu hijau, atas dukungan untuk melanjutkan di periode berikut.

“Terima kasih, ini menjadi bukti bahwa masyarakat memberikan dukungan kepada kami untuk melanjutkan periode kedua,” katanya.

Pasangan Costan Oktemka-Deki Deal usai deklarasi/Tj

Ia menyebut, selain 6 parpol pendukung dengan keterwakilan kursi tersebut, ada juga 3 parpol tanpa kursi, namun memiliki basis massa siginifikan.

“Dukungan ini sangat penting sekali, terima kasih untuk dukungan itu, termasuk pada anggota dewan yang hadir disini, mari kita bekerja untuk menangkan kompetisi ini,” katanya

Sekitar pukul 14.00 WIT, pasangan CODE bersama tim suksesnya, tiba di Kantor KPU dan selanjutnya, dengan tetap menggunakan Protocol Kesehatan pasangan ini menyerahkan berkas pendaftarannya, yang diwakilkan oleh Ketua Tim Sukses CODE, Denius Taplo, S.HI.

“Berkas pasangan calon ini kami terima, untuk selanjudnya di serahkan ke tim verifikator untuk diverifikasi,” kata Ketua KPUD pegubin Titus L. Mohi.

Ia mengatakan tahapan verifikasi berkas tersebut, sebagaimana PKPU No 5 tahun 2020 dan Perbawaslu No 9 tahun 2020, yang didalamnya menyatakan tentang hak dan kewajiban bakal calon kepala daerah harus memenuhi syarat pencalonan yakni B1KWK dari partai politik pengusung bakal calon.

Sekedar diketahui, hingga memasuki hari ke dua pendaftaran Balon Kada di Kabupaten Pegubin, baru dua pasangan calon yang menyerahkan berkar pendaftaran di KPU setempat.

Hari pertama, KPU menerima berkas ke KPUD Pasangan Spey Yan Birdana, ST,M.si – Piter Kalakmabin A.md, dan hari kedua, Pasangan Petahana Costan Oktemka, S.IP dan Decky Deal, S.IP. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here