Personel Ops Deraku Cartenz melaksanakan apel pengamanan pembukaan PON XX di Stadion LE/Foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Detik-detikn menjelang pelaksanaan opening ceremonial Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo bersama para petinggi negara, Sabtu (2/10/2021) malam. Personel gabungan TNI dan Polri dengan sandi Ops Deraku Cartenz menggelar apel kesiapan pengamanan di Lapangan Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, Papua.

Hadir dalam kegiatan Waka Ops Deraku Cartenz Kombes Polisi Yuri, pejabat tinggi Mabes Polri, Pejabat Utama Polda Papua serta Personel TNI-Polri yang terlibat dalam Ops Deraku Cartenz 2021.

Ka OPS Deraku Cartenz Brigadir Jenderal Polisi Suhendri mengatakan tujuan melaksanakan apel ini dalam rangka mempersiapkan pengamanan pembukaan PON XX 2021 Papua yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Persiapan ini dilakukan lebih awal dengan harapan pelaksanaan pembukaan PON XX dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar.

“Rekan-rekan sekalian setelah apel ini selesai dilaksanakan, kepada rekan-rekan dipersilahkan dapat menempati titik-titik yang sudah dibagi sebelumnya sehingga pada saat dilakukan pengecekan, terdapat anggota yang sudah siap diposisi itu. Saya harap kita semua dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” pesannya dalam memimpin apel.

Brigjen Suhendri tak menampik bahwa ancaman yang akan terjadi dalam kegiatan itu tetap ada. Sebab itu, ia meminta para personel yang menjaga din seluruh pintu masuk untuk melakukan pemeriksaan dengan teliti dan seksama.

“Jika ada barang-barang yang sekiranya tidak boleh masuk jangan dibiarkan masuk. Kita perlu ketegasan seluruh personel untuk melarang dan memperingatkan setiap masyarakat yang mau menonton pembukaan ini. Yang tidak mempunyai gelang beserta undangan, jangan diperbolehkan,” pintanya.

Pemeriksaan akan dilakukan bukan saja terhadap barang namun juga pemeriksaan badan bagi setiap para pengunjung.

“Kemudian untuk Dalmas kerangka atau kompi kerangka akan ditempatkan di jalur-jalur atau tempat-tempat kunjungan yang dilaksanakan Bapak Presiden RI yaitu di dua tempat, yang pertama disini dan kedua di Groundbreaking Papua Creative Youth di BTN Skyline yang dimana bagian yang diamankan yaitu sepanjang jalur maupun lokasi kunjungan” tandas Brigjen Suhendri.(Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here