Foto: Wakil ketua Harian PB Peparnas XVI Papua, Tery Wanena usai mengalungkan medali emas kepada De Jhon Waromi usai finish terdepan di nomor 100 meter gaya punggung putra S12 / CK

Jayapura, Topikpapua.com – De Jhon Waromi akhirnya menyapu bersih medali emas dari nomor yang ia ikuti di cabang olahraga (cabor) Renang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang berlangsung di venue Akuatik, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

De Jhon mencetak hattrick alias sukses mengemas tiga medali emas untuk kontingen National Paralimpik Committee (NPC) Papua.

De Jhon menyumbangkan medali emas pertamanya dari nomor 100 meter gaya bebas putra kelas S11 – S12 dengan catatan waktu 1:09.51 detik, dan di hari kedua De Jhon memecahkan sebuah rekor sekaligus merebut medali emas keduanya dari nomor 50 meter gaya punggung putra kelas S12 dengan catatan waktu 34.62 detik.

Atlet kelahiran Serui, 18 Maret 2007 itu menggenapkan hattrick-nya setelah finis terdepan di nomor 100 meter gaya punggung putra S12, yang digelar Kamis (11/11/2021).
De Jhon mengaku, ia sudah menyiapkan diri sejak lama untuk tampil di tiga nomor. Sekali lagi, ia mengaku bersyukur atas pencapaiannya itu.

“Saya sangat senang dan berterima kasih lagi kepada Tuhan karena dari dua pertandingan kemarin saya bisa dapat medali emas dan sekarang dapat emas lagi. Ini saya persembahkan untuk kedua orang tua saya dan pelatih serta teman-teman,” kata De Jhon, Jumat (12/11/21).

Telah menyumbangkan tiga medali emas, De Jhon bakal menerima bonus besar sesuai janji Gubernur Papua, Lukas Enembe. Jika bonus tersebut terealisasi, De Jhon akan menggunakannya untuk membeli rumah baru dan untuk keperluan ekonomi keluarganya.

“Saya ingin membeli rumah baru di darat, karena rumah saya di pantai (rumah berlabuh)  dan juga untuk membantu orang tua saya,” tuturnya.
Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma mengaku puas dengan raihan 27 medali emas atlet para-renang Papua. Ia berharap para-renang bisa terus menyumbangkan medali emas dari nomor-nomor yang tersisa.

“Kemarin atlet-atlet kita telah berhasil menambah tujuh medali emas lagi, dan kita memang berharap dari renang ini bisa terus menambah pundi-pundi emas untuk mendongkrak posisi kita terus di ajang Peparnas ini,” kata Jaya Kusuma. (Redaksi Topik/Info Publik.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here