Dandim 1702 Ungkap Masalah Pemilu 2019 di Wilayah Lapago

0
Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Inf. Candra dianto,SH saat menggelar rapat dengan Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo terkait persiapan Rapat Pleno KPU tingkat Kabupaten Tolikara / DJ

Karubaga, Topikpapua.com, – Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Inf. Candra dianto,SH menyatakan ada beberapa permasalahan yang terjadi di wilayah Lapago saat pelaksanaan pemungutan suara hingga pleno di tingkat distrik pada pilpres dan pileg tahun 2019 di wilayah kerjanya.

Salah satu kasus yang cukup besar di wilayah Lapago adalah pembakaran Kantor Distrik di Distrik Nunggawi Kabupaten Tolikara. “ salah satu nya kasus pembakaran distrik Nunggawi yang di picu karena ada kecurangan di tingkat PPD dan TPS, namun karena kesingapan Kapolres Tolikara AKBP Leonar akobiarek bersama tim gabungan aparat keamanan TNI/Polri kasus tersebut telah berhasil diatasi sehingga tidak merebak, “

Menurutnya sesuai hasil pengamatan pemerintah pusat bahwa daerah Tolikara adalah salah satu daerah di Papua yang paling rawan timbulnya konflik antar masa di masyarakat. Namun kekawatiran itu mampu ditepis oleh semua pihak termasuk masyarakat luas karena masyarakat saat ini sudah paham pemilihan demokrasi langsung sehingga semua berjalan aman dan kondusif. 

Dikatakannya situasi yang paling parah terjadi di Kabupaten Nduga di Distrik Mambruk, dimana ada pembakaran formulir C1 KWK hologram dan surat suara sehingga tidak ada yang tersisa. Demikian juga di 16 Distrik Kabupaten Nduga C1 KWK hologram dan surat suara hilang dirampas oleh orang yang tak dikenal sehingga saat ini KPU Kabupaten Nduga bersama Panwas Kabupaten masih menunggu jawaban KPU Pusat solusi apa yang harus dilakukan atas situasi ini.

“ masalah di Nduga sudah kita komunikasikan dengan pihak KPU pusat dan Bawaslu, semoga bisa cepat dapat solusinya, sehingga PSU bisa segera di lakukan, “ Jelas Letkol Candra.

Selain itu permasalahan lain juga terjadi di Kabupaten Jayawijaya, dimana ada 12 Distrik dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang karana ada pelanggaran di PPD, dan di Kabupaten Mamberamo Tengah ada indikasi pembakaran Kantor KPU Mamteg namun tidak terjadi, sementara itu di kabupaten Yalimo , Kabupaten Pengunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo situasi masih aman dan kondusif.

“saya berharap situasi pelaksanaan pilpres dan pileg yang berlangsung aman dan kondusif di wilayah hukum Dandim 1702 jayawijaya yakni di pengunungan tegah papua ini patut di jaga kita bersama sehingga pada saat Pleno KPUtingkat kabupaten dan provinsi tidak terjadi hal – hal buruk yang tidak kita inginkan bersama, “ Pungkas Dandim Candra. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here