Dampak Corona, Tingkat Kriminal di Papua Menurun Drastis

0
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Sejak Pemerintah Papua mengeluarkan intruksi Karantina rumah untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona, Tingkat Kriminalitas  menurun drastis.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal mengatakan, bila di bandingkan data kriminalitas bulan Februari 2020 dengan Bulan Maret 2020, terdapat perbedaan yang sangat signifikan mulai dari pelanggaran kejahatan Konvensional, hingga pelanggaran lalu lintas.

“ Jumlah kasus kejahatan Konvensional pada bulan Februari 2020 sebanyak 543 kasus sedangkan di bulan Maret 2020 jumlah kasus sebanyak 144 kasus atau terjadi penurunan sebanyak 399 kasus, Kalau di presentasekan terjadi penurunan sebesar 277%, “Ungkap Kombes Kamal kepada Redaksi Topik, Kamis (02/04/20).

Penurunan juga terjadi pada kejahatan trans Nasional. Kamal mengaku Pada bulan Februari terjadi 48 kasus, sedangkan di Bulan Maret 2020 jumlah kasus sebanyak 32 kasus, atau terjadi penurunan sebanyak 16 kasus atau 50%.

“ Penurunan juga untuk jumlah kejahatan terhadap kekayaan negara, pada bulan Februari sebanyak 16 kasus sedangkan di bulan Maret 2020 jumlah kasus hanya 2 saja, ini artinya terjadi penurunan sebanyak 14 kasus atau 700%, “ Jelas Kamal.

Penurunan kasus juga terjadi pada tingkat kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Papua. Pada bulan Februari 2020 terdapat 180 kasus, Sedangkan pada bulan Maret 2020 jumlah kecelakaan lalu lintas hanya 19 kasus,atau terjadi penurunan sebanyak 161 kasus atau turun 847,36 Persen.

Hal serupa juga terjadi pada jumlah pelanggaran lalu lintas.  Data menunjukkan bila bulan Februari 2020 terjadi pelanggaran lalu lintas sebanyak 3,157 kasus, sedangkan di  bulan Maret 2020 sebanyak 256 kasus pelanggar, ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan sebanyak 2.902 pelanggar atau turun sebanyak 1.133,2 persen.

“ Menurunnya angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas ini salah satu faktornya yakni berkurangnya kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di Wilkum Polda papua sejalan dengan anjuran/instruksi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dan maklumat Kapolri serta himbauan Kapolda Papua terkait sosial distancing dan pysical distancing dalam pencegahan penyebaran Virus corona, “Beber Kamal.

Dijelaskan Kombes Kamal, dengan menurunnya angka kriminal otomatis kerugian materiil juga ikut turun. Bulan Februari kerugian materiil tercatat sebesar Rp.945,999,000,- sedangkan di bulan Maret sebesar Rp.  27.000.000,-. Terjadi penurunan sebesar  Rp. 918.999.000,-.

“Menurunnya angka kriminalitas di Wilayah hukum Polda Papua ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dalam menjaga Kamtibmas, selain itu dampak wabah Virus Corona ini masyarakat lebih memilih untuk berdiam diri di rumah masing-masing sesuai dengan anjuran pemerintah dan aparat keamanan sehingga masyarakat tersebut dapat menjaga diri dan menjaga lingkunganya masing-masing agar terhindar dari tindak kejahatan, “Terang Kamal.

Meski begitu, Kamal mengaku pihaknya akan tetap gencar mengantisipasi kejahatan-kejahatan yang terjadi. Patroli-patroli juga ditingkatkan sekaligus kegiatan preemtif dan preventif untuk mengimbau masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas partisipasi dalam menjaga situasi kamtibmas di Papua dan mendukung serta melaksanakan apa yang menjadi kebijakan pemerintah terkait dengan penyebaran Virus corona di Papua, “Pungkas Kombes Kamal. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here