Covid-19 : Persentase Pasien Sembuh di Kota Jayapura Tertinggi di Papua

1
Kepala dinas kesehatan Kota Jayapura, Dokter Nyoman Sri Antari / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Sejak Papua terjangkit Covid-19 pada 17 Maret 2020, jumlah pasien positif terus meningkat, Hingga Minggu 19 April 2020, tercatat sudah 107 kasus positif di Papua. Dari jumlah tersebut 30 pasien diantaranya berasal dari kota Jayapura, atau terbanyak kedua setelah Kabupaten Mimika dengan 31 Kasus.

Namun bila di lihat dari presentase kesembuhan pasien, Kota jayapura terbilang tinggi, yakni 10 orang, atau 30 persen dari komulatif pasien Positif yakni 30 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr.Ni Nyoman Sri Antari kepada Redaksi Topik saat di hubungi via telepon seluler, Senin 20 April 2020 mengatakan salah satu faktor cukup tingginya tingkat kesembuhan pasien  covid di kota Jayapura karena sebagian besar pasien di ketahui positif masih dalam status sakit ringan hingga sedang.

“ ya mungkin karena jumlah pasien kita juga banyak ya, jadi persentase sembuhnya juga lumayan tinggi, tapi yang paling penting adalah saat pasien ketahuan positif masih dalam status sakit ringan sampai sedang, sehinga penanganannya bisa cepat, “Jelas dokter Nyoman.   

Faktor lain diakui dorter Nyoman karena fasilitas Rumah sakit di kota Jayapura yang cukup baik di banding daerah lain di Papua.

“ Presentase sembuh kita memang 30 persen dan itu tertinggi di Papua, namun kita juga sudah kehilangan tiga pasien, atau 10 persen dari total pasien positif kita, dan itu sangat menyedihkan, “Kata Nyoman.

Dijelaskan dokter Nyoman bila ke-tiga pasien yang meninggal tersebut datang dengan status sakit berat disertai adanya Komotif (Penyakit penyerta).

“Kita kan ada 3 yang meninggal ya.., itu emang karena datang nya sudah dalam keadaan sakit berat, dan ketiganya selain sudah lansia juga ada penyakit penyertanya seperti hipertensi dan Diabetes, sehingga sulit untuk di sembuhkan, “Jelas dokter Nyoman.

Sementara itu menurut dokter Nyoman, hingga kini dari duapuluhan pasien positif yang masih dalam perawatan di ruang isolasi hanya satu pasien yang kondisinya agak berat, “Info terakhir saya dapat sempat dipakaikan fentilator nanum semalam sudah dilepas, mudah-mudahan kondisinya cepat membaik, “Bebernya.

Dokter Nyoman juga mengaku bila pihaknya mendaat kabar baik saat ini ada lagi tambahan pasien sembuh, namun dirinya masih enggan memaparkan berapa jumlah pasti pasien yang sembuh.

“ Saya hitung-hitung tadi.., hari ini kita ada sekitar 12 atau 13 pasien yang sembuh, tapi data pastinya sebentar malam saya sampaikan ya.., harus saya cros cek lagi detailnya biar ngak salah, “Pungkas dokter Nyoman. (Redaksi Topik)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here