Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule / nug

Jayapura, Topikpapua.com, –  Jumlah kasus positif covid-19 di Papua terus meningkat, hari ini di laporkan satgas covid-19 Papua ada penambahan 63 kasus baru.

Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengatakan penambahan 63 kasus baru ini berasal dari kota Jayapura sebanyak 58 kasus, Mimika 3 kasus, kab Jayapura 1 kasus dan Kabupaten keerom 1 kasus.

“Perhatian khusus kami berikan untuk kota Jayapura dimana dari 63 kasus baru ini 58 diantaranya berasal dari kota dan yang menjadi perhatian kami adalah terdapat 26 tenaga medis dan keluarga yang ikut tertular, “Kata Sumule kepada Pers, Sabtu (11/07/20).

Sumule mengatakan bila ke-26 tenaga medis dan keluarga yang terpapar bertugas di RSUD Jayapura, untuk itu dirinya berpesan kepada seluruh tenaga medis di 43 rumah sakit yang ada di Papua maupun tenaga medis di puskesmas agar memperhatikan dua hal penting.

“Pertama teman-teman dalam melaksanakan tugas harus disiplin yang tinggi terhadap SOP  yang sudah di tetapkan di Rumah sakit, kedua selalu gunakan masker, pastikan APD yang di gunakan dengan cara yang benar, “Jelas Sumule.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar selalu jujur saat memeriksakan diri ke rumah sakit, “Kepada masyarakat yang berkunjung ke rumah sakit atau yang sedang di rawat agar dengan jujur menyampaikan kondisi kesehatannya. Jangan disembunyikan kondisi kesehatan kalian, “Ungkap Sumule.

Lanjut Sumule, Kepada 26 petugas kesehatan dan keluarganya kalian tidak sendiri, kami selalu ada bersama kalian, doa kami akan terus bersama kalian dan Tuhan akan menolong kita semua untuk kalahkan virus corona di Papua.

Banyak Yang Positif covid-19, RSUD Jayapura Akan Rekrut Tenaga Medis

RSUD Dok II Jayapura akan merekrut tenaga medis mengingat jumlah tenaga medis banyak terpapar virus corona baru atau Covid-19.

Dari 120 kuota yang disiapkan diperuntukan bagi dokter umum 20 orang, perawat 55 orang, bidan 20 orang, analis 20 orang, dan gizi 5 orang.

“Hari ini kami tim Satgas Covid-19 Papua baru lakukan komunikasi dengan Direktur RSUD dok II Jayapura Aloysius Giyai, untuk kita lagi mempersiapkan kurang lebih sekitar 120 tenaga medis,” kata Sumule.

Sementara itu dengan penambahan 63 kasus baru, hingga sabtu malam, di laporkan Satgas covid-19 Papua, total komulatif pasien positif covid-19 di Papua sebanyak 2.193 kasus.

“Dari total 2.193 kasus tersebut dirawat sebanyak 1086 orang, 1085 pasien sudah sembuh dan  22 pasien meningal dunia. Jumlah ODP kita sebanyak 2.716sedangkan  PDP sebanyak 235. Kita juga sudah melakukan uji sampel swab sebanyak 18.888 dengan PCR dan TCM, “Jelas Sumule.

Sumule juga mengumumkan bila hari ini ada penambahan 7 kasus sembuh, “ Penambahan 7 kasus sembuh berasal dari kabupaten jayapura sebanyak 4 pasien, mimika 2 pasien dan kabupaten kepulauan yapen 1 orang, “Kata Sumule.

Tetap di rumah, bila terpaksa harus keluar rumah selalu gunakan masker, jaga jarak, hindari kontak fisik dengan orang di luar rumah, tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Makan dan minum yang bergizi, sempatkan berolah raga dan ingat untuk selelu mencuci tangan.

Sa Jaga Ko.., Ko Jaga Sa.., Kitong Semua Selamat.. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here