Covid-19 Papua, Sumule : Sudah Ditemukan Pola Penyebaran Lokal di Papua

0
Jubir Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengatakan saat ini pihaknya telah menemukan pola penyebaran virus corona secara lokal di Papua.

“Berdasarkan Studi epidemiologi kami saat ini sudah ada pola penyebaran covid-19 secara lokal di Papua dan ini yang sampai sekarang masih kami coba trace, pasien tersebut tertular dari mana, “Ungkap Sumule kepada Pers lewat pres con Virtual, Sabtu (11/04/20).

Dijelaskan Sumule bila selama ini baik Satgas covid-19 Papua maupun tim Gugus Covid-19 di kabupaten/kota hanya berdasarkan dua klaster penyebaran, yaitu dari giat Ijtima di GOA dan giat GBI di Lembang.

“ Kita Trace di beberapa pasien yang positif ternyata mereka tidak ada hubungannya dengan klaster di luar papua, baik itu di giat ijtima GOA dan giat GBI di lembang, ini yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi kitacari tau mereka terrular dari mana, “Jelas Sumule.

Atas penemuan ini, Sumule mengingatkan kepada seluruh warga di Papua untuk lebih waspada lagi, “ Saya harap kita semua terus lakukan apa yang di sarankan oleh pemerintah, tetap di dalam rumah, hindari kontak dengan orang luar, jaga kebersihan, rajin cuci tangan dan hindari keramaian, “Paparnya.

Sementara itu berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Papua, hingga 11 April 2020, pukul 19.05 Wit  di laporkan kota Jayapura masih menjadi daerah dengan jumlah pasien positif terbanyak, diikuti Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, Merauke, Sarmi dan Keerom.

Berikut data penyebaran covid-19 di enam daerah Zona Merah Papua :

  1. Kota Jayapura : 22 Kasus positif, 16 pasien dalam perawatan, 3 kasus sembuh dan 3 kasus Meninggal dunia.
  2. Kabupaten Mimika : 19 kasus positif, 13 pasien dalam perawatan, 3 pasien sembuh dan 3 pasien Meninggal dunia.
  3. Kabupaten Jayapura : 10 kasus positif, 9 pasien dalam perawatan (3 rujuk ke kota jayapura) dan 1 pasian Meninggal dunia (dimakamkan di kota jayapura).
  4. Kabupaten Merauke : 6 kasus positif, 3 pasien dalam perawatan dan pasien 3 sembuh.
  5. Kabupaten Sarmi : 3 kasus positif danketiganya masih dalam perawatan (2 di rujuk ke kota Jayapura, 1 dirujuk ke kabupaten Jayapura).
  6. Kabupaten Keerom : 1 Pasien positif.

“ Hari ini total komulatif kasus positif covid-19 di papua menjadi 61 kasus atau ada penambahan 13 kasus baru, yakni 1 kasus di Merauke, 2 di kabupaten Jaapura, 2 di sarmi, 2 di kota Jayapura dan 6 kasus di Mimika, “ Tambah Sumule.

Dari Total 61 kasus tersebut 45 diantaranya masih dalam perawatan, 9 kasus sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Sementara untuk data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di laporkan mengalami perubahan jumlah, dimana sebelumnya sebanyak 63 orang berkurang menjadi 59 orang.

“PDP kita berkurang karena ada tambahan 5 oarang baru namun ada juga 7 orang yang dinyatakan sembuh dan pulang, “Kata Sumule.

Namun untuk Data Orang Dalam Pemantauan  (ODP) meningkat dari 3087 kasus menjadi 3143 kasus atau mengalami penambahanan sebanyak 156 orang. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here