Covid 19, Jumlah PDP di Papua Bertambah Menjadi 7 Orang, ODP Tetap 333

2
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule /Nug

Jayapura, Topikpapua.com, – Hingga Jumat Siang pukul 15.00 Wit, di laporkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Papua bertambah menjadi tujuh orang.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengatakan dua PDP baru di Papua saat ini sedang di rawat di Jayapura.

“ Hari ini ada tambahan 2 pasian dalam pengawasan (PDP) jadi total PDP di Papua sudah ada 7 orang dan jumlah ODP kita masih tetap 333 orang, “ Kata dr. Silwanus Sumule kepada Redaksi Topik di Jayapura, Jumat (20/03/20).

Dijelaskan Sumule bila dua PDP yang baru berasal dari Daerah yang terinfeksi, “Jadi dua pasien yang baru ini statusnya baru datang ke jayapura dengan pesawat, dan asal mereka dari daerah yang terinfeksi, tapi saya tidak bisa sampaikan dari mana asalnya, “ Ungkap dr. Sumule.

Diakui Sumule bila kedua PDP tersebut keluhannya sama yaitu gangguan pernafasan, dan posisinya mereka ini sakit sedang.

Sementara itu terkait hasil tes darah dari 5 PDP sebelumnya, dr Sumule mengaku bila sampai jumat siang pihaknya belum mendapat laporan hasil test darah tersebut.

“ jadi begini ya.., sampel darah PDP itu harus diambil dengan kriteria yang benar, dan di packing sesuai dengan standard WHO. Nah masalah lain nya di jakarta itu ada ribuan sampel darah yang juga antre untuk di periksa, itulah makanya kenapa lama, “Beber dr.Sumule.

Namun demikian dr. Sumule mengaku bila kondisi ke Lima PDP hingga Jumat siang sudah stabil dan dalam pengawasan yang ketat dari tim dokter.

“ Dari 7 PDP ini lima diantaranya (pasien lama) kondisinya sudah stabil dan dalam pengawasan yang sangat ketat. Sekarang kita tinggal tunggu hasil test darahnya, mudah-mudahan hari senin sudah bisa kita dapatkan hasilnya, kita harap hasilnya negativ, “Kata Sumule.

Hingga Jumat Siang ODP Papua 333 Orang

Sementara itu di tanyakan soal data jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) covid-19 di Papua, Dokter Sumule mengaku jumlahnya masih sama seperti hari kamis kemaren, yakni 333 orang.

Namun menurut Sumule, data tersebut merupakan data yang di peroleh dari KKP bandara sentani, sedangkan data dari KKP pelabuhan Jayapura belum di terima.

“ Untuk data ODP yang 333 ini adalah data dari KKP bandara sentani, belum dari KKP pelabuhan, jadi jumlahnya bisa naik kalau di tambah data dari KKP Pelabuhan, “ Jelas Sumule.

Dijelaskan Dokter Sumule, untuk jumlah ODP yang dari KKP bandara Sentani (333 orang) saat ini bisa saja bertambah atau berkurang, mengingat batas isolasi yang hanya 14 hari.

“ Data yang 333 itu bisa tambah, tapi juga bisa berkurang, karena batas pemantauannya itukan hanya 14 hari, jadi kalau sudah 14 hari orang yang di pantau tersebut tidak ada gejala, maka angkanya bisa berkurang, “bebernya.

Dokter Sumule juga menjelaskan bila jumlah PDP di Papua bisa terus naik mengingat kesadaran masyarakat yang di nilai masih menganggap remeh Covid-19 di Papua.

“Jadi untuk Papua ini, kalau kita bicara PDP akan bertambah saya yakin akan terus bertambah dengan mobilitas kita di jayapura yang masih tinggi, dan kita tidak bisa bikin apa-apa karena ini orang di papua bergerak tiap hari ya..,” Pungkas dr.Sumule. (Redaksi Topik)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here