Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D Fakhiri foto bersama 11 petani yang akan berangkat ke Karanganyar untuk mengikuti pelatihan/foto ist

Jayapura, Topikpapua. com, – Polda Papua melalui program Rastra Kasih Cartenz siap memberangkatkan 11 petani dan peternak ke Karanganyar, Jawa Tengah, guna mengikuti pelatihan pertanian dan peternakan.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan,  program Rastra Kasih Cartenz ini merupakan kolaborasi dengan Binmas Noken Polri yang selama ini telah berjalan.

“Program ini bertujuan untuk  menyiapkan para petani dan peternak agar mereka bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana mengelola lahan dan ternak mereka secara profesional, ” ungkap kapolda kepada Redaksi Topik, Selasa (18/01/22)

Menurutnya, pelatihan ini merupakan program dari Mabes Polri dibawah Kakor Binmas Polri yang tujuan nya untuk memberikan pengetahuan kepada para petani dan peternak, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani dan peternak di Papua.

“Mereka ini akan kita siapkan dalam suatu pelatihan, kita akan kirim mereka ke karanganyar, jawa tengah untuk belajar bagaimana beternak dan bertani yang baik sesuai dengan sumber daya di kampung mereka, “terang jenderal polisi bintang dua ini.

Sementara untuk langkah awal, kata kapolda,  Polda Papua akan memberangkatkan 11orang yang berasal dari 3 kabupaten, yakni Keerom 4 orang, Paniai 4 orang dan dari Waropen 3 orang.

“Nantinya setelah mereka pulang kita akan dukung mereka, mulai dari menyiapkan bibit dan tentunya akan ada pendampingan  hingga nanti panel,” bebernya.

Tak hanya diberikan pelatihan, Polda Papua juga nantinya akan membantu para petani dan peternak tersebut, yakni mencari pembeli hasil panen sehingga bisa berdampak langsung secara ekonomi.

“Pasti kita carikan pembelinya, kita berharap dengan program ini nantinya kampung-kampung binaan tersebut bisa dijadikan kampung binmas noken yang akan menjadi kampung percontohan bagi kampung lainnya, sehingga harapan kami kedepan semua kampung di Papua bisa mandiri dan membawa keaejahteraan bagi masyarakat, ” pungkas kapolda. (RT)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here