Agustinus Rumere dengan latar belakang uang 75 Ribu bergambarkan 8 anak Indonesia berpakaian adat / Nug

Jayapura, Topikpapua.com, – Masyarakat Papua sempat di buat bangga saat pemerintah pusat lewat kementrian keuangan resmi mengeluarkan pecahan uang edisi khusus perayaan HUT RI ke 75 pada 17 Agustus lalu.

“Saya sebagai orang Papua bangga ya.., karena ada anak Papua di uang 75 ribu baru, dengan begini kami orang papua merasa di perhitungkan juga oleh orang pusat dan bukan hanya pelengkap, “Kata Edmon salah satu pemuda Papua kepada Redaksi Topik.

Namun kebanggaan itu perlahan berubah menjadi tanda tanya, siapa sebenarnya sosok anak yang mengenakan pakaian adat di gambar uang 75 ribu tersebut…?

Tim redaksi topik lalu menyambangi Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Papua di jayapura untuk mencari tau siapa sosok anak kecil tersebut.

Awalnya pihak bank BI enggan membocorkan identitas anak tersebut dengan berbagai alasan, hingga selasa (25/08/20) siang, pihak bank BI jayapura akhirnya mengungkapkan identitas anak yang sempat menjadi ‘misteri’ tersebut.

Namanya adalah Agustinus Rumere (9 tahun), yang merupakan anak dari pasangan Niko Rumere dengan Fitri Seserai.

“Perkenalkan Agustinus Rumere, anak yang wajahnya ada di uang Rp 75.000,” kata Kepala KPw BI Papua, Naek Tigor Sinaga kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (25/8/2020).

Dikisahkan Naek, awalnya pihak BI Papua juga tak mengetahui apabila gambar Agustinus akan dipakai di uang 75 Ribu edisi kemerdekaan RI.

“Terus terang ya.., kami sendiri tak mengetahui bila foto Agustinus yang diambil pada tahun 2019 lalu oleh orang pusat itu akan di pakai di uang 75 ribu. Kami taunya juga setelah uang tersebut di cetak, “Ungkap Naek Sinaga.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Papua di Jayapura, Naek Tigor Sinaga bersama Agustinus Rumere dan Ibunya, Fitri Seserai / Nug

Hal yang sama pun disampaikan Fitri Rumere, ibu dari Agustinus Rumere. Fitri mengaku saat itu seluruh proses pemotretan anaknya sangat mendadak, Bahkan saat diambil gambarnya, Agustinus dalam posisi sakit.

“Waktu itu ditanya anaknya umur berapa dan disuruh bawa ke kantor karena orang jakarta sudah datang. Saat itu Agustinus sedang sakit malaria,” ujarnya.

Pakaian adat yang dikenakan Agustinus pun seadanya. Karena waktu persiapan sangat sedikit, maka Fitri hanya bisa mencarikan pinjaman baju seadanya.

Dan didapatlah pakaian adat dari Serui, Kabupaten Yapen. Fitri sendiri berasal dari Tanah Merah, Kabupaten Jayapura, sementara ayah Agustinus dari Biak.

“Yang dipakai untuk foto baju adat Serui, saat itu cari baju pas dapatnya Serui, semuanya mendadak,” kata Fitri.

Menurut Fitri, saat diminta untuk foto ia tidak diberitahukan maksud dari hal tersebut. Fitri yang bekerja di KPw BI Papua pun hanya menuruti permintaan atasannya

“Kalau tidak salah itu pemotretan dilakukan pada bulan Agustus tahun 2019, “kata Fitri mengisahkan waktu pengambilan gambar anaknya.

Bahkan, Hingga satu tahun berlalu ia masih belum tahu foto anaknya akan digunakan untuk apa, hingga akhirnya baru pada 17 Agustus 2020, ia diberi tahu bila ada gambar anaknya di uang Rp 75.000.

“Saya tidak tahu sama sekali akan begini karena itu sudah satu tahun lalu, saya sudah lupa. Tanggal 17 kemarin saya dapat WA, tentu ini juga pekerjaan Tuhan,” ungkap Fitri.

Ia pun merasa bangga Agustinus menjadi salah satu anak dari jutaan anak yang ada di seluruh Indonesia yang dipilih masuk ke dalam uang tersebut.

Sementara Agustinus Rumere ketika ditanya mengenai perasaannya melihat wajah kecilnya ada bagian belakang uang Rp75.000, dengan lugu hanya menjawab “senang”.

Agustinus yang saat ini duduk di kelas IV SDN Impres Polimak, menyebut sampai sekarang belum banyak yang tahu kalau salah satu wajah di bagian belakang uang tersebut adalah dirinya.

“Yang tahu hanya dua orang,” kata agus singkat.

Kami pun diberi kesempatan untuk bertanya kepada sosok agustinus, dan saat kami tanyakan apa cita-cita Agustinus saat dewasa nanti, dengan bersemangat agus menjawab, “Saya ingin menjadi pilot”. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here