Cegah Virus Corona Masuk Papua, Pemprov Lakukan Ini..

0
Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal / Nug

Jayapura, topikpapua.com, –  Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menegaskan bila Pemerintah Provinsi Papua beserta semua elemen Masyarakat yang ada di Papua telah sepakat untuk bersama bertanggung jawab mencegah masuknya virus Corona ke papua.

“ Kita konsisten dan komitmen bahwa pemerintah Provinsi Papua dan Forkompinda serta semua kerukunan umat beragama, tokoh perempuan dan semua elemen berkomitmen untuk memastikan virus corona agar tidak masuk di Papua, “ Ungkap Klemen usai memimpin rapat Koordinasi Siaga Darurat pencegahan Virus Corona di Provinsi Papua, yang di gelar di ruangan sasana karya kantor gubernur papua, Kamis (05/03/20).

Dijelaskan Klemen bila dari hasil rapat Pemerintah Papua dan Forkompinda telah menyepakati bebrapa hal guna mencegah masuknya virus Corona ke Papua, diantaranya melarang Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Papua.

“ Kita juga akan membatasi orang datang ke Papua dan untuk orang asing untuk sementara ini sama sekali tidak boleh datang ke Papua dan yang keluar papua jangan dulu kembali yang mau ke Papua sabar dulu, “ Beber Klemen.

Sementara itu menurut Klemen bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berasal dari luar Papua yang hendak ke Papua akan di seleksi secara baik.

“ Buat yang pemegang KTP papua, entah itu OAP atau bukan, kami himbau untuk sementara jangan dulu keluar papua, kecuali untuk sesuatu yang sangat penting, “Tambahnya.

Lanjutnya, Untuk mereka yang bukan pemilik KTP Papua jangan datang dulu ke Papua, kecuali untuk urusan yang memang penting sekali, misalnya untuk keperluan PON, Rapat dan urusan penting lainnya, “ Tapi kalau hanya datang untuk cari kerja, maaf untuk sementara  di tutup, “ Tegas Wagub.

Klemen mengaku bia langkah ini diambil pemerintah Papua untuk kebaikan bersama, bukan hanya untuk orang Papua tapi untuk kita semua yang ada di papua, “ Intruksi ini berlaku mulai senin, “ Tukasnya.

Selain Intruksi tersebut, Klemen juga menegaskan bila Pihaknya akan bekerjaama dengan TNI-Polri dan Pihak bandara serta Pelabuhan untuk memperketat pintu masuk ke Papua.

“ Acsion nya kita akan taruh alat-alat sceaner di beberapa bandara dan pelabuhan di Papua, Kami juga akan buat intruksi kepada hotel-hotel dan tempat umum lainnya agar menyiapkan alat pendeteksi suhu panas, dan hotel-hotel yang tidak pasang akan kami tutup sementara, “ Tegas Klemen.

Suasana rapat Koordinasi Siaga Darurat pencegahan Virus Corona di Provinsi Papua di ruangan sasana karya kantor gubernur papua, Kamis (05/03/20) / Nug

Rencananya hari jumat besok, Pemprov akan kembali menggelar rapat teknis dengan instansi terkait guna membahas rencana memperbanyak rumah sakit rujukan untuk penderita Virus Corona.

“ Saat ini rumah sakit rujukan untuk penderita virus corona hanya ada di RSUD Dok II Jayapura, dan besok kami akan kumpul lagi untuk bahas, harapan kami rumah sakit rujukan bisa juga di Timika, Merauke dan daerah lainnya. Karena Papua ini luas tidak bisa semua di bawa ke Jayapura, “ Jelas Klemen.

Wagub Klemen juga menghimbau kepada seluruh warga Papua agar tidak panik dengan berita penyebaran virus Corona.

“ Saya himbau kepada Masyarakat Papua agar tidak perlu panik dengan informasi virus Corona, tidak perlu membeli masker secara berlebihan kecuali bila mulai merasa ada gejala sakit, “ Pintahnya

Klemen juga berpesan agar warga Papua ikut menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak penting.

“ Kalau ada yang mau menikah, ya…, di undur dulu tanggal nya, buat pengantinnya di tahan dulu.., kalau ada yang ulang tahun walau itu sweet seventeen, di rumah ajalah berdoa, “ Pungkas Klemen. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here