Cari Helly MI-17 Kodam XVII/Cend Datangkan CN 235 MPA, Ini Kelebihannya..

0
Pesawat CN 235 MPA di Base Ops Silas Papare Sentani / Dok Kodam XVII Cenderawasih

Jayapura, Topikpapua.com, – Delapan hari pasca dinyatakan hilang kontak di pegunungan oksibil papua, Helicopter MI-17 milik Penerbad belum juga di temukan.

Berbagai upaya telah di lakukan tim gabungan di bawah komando Kodam XVII/Cenderawasih, namun hingga Sabtu (05/07/19) siang Nasib Hellycopter MI-17 beserta 12 penumpangnya belum juga di ketahui.

Guna mempercepat proses pencarian, Kodam XVII/Cenderawasih mendatangkan pesawat CN 235 MPA untuk menggantikan pesawat CN 235.

Wakapendam XVII/Cebderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi mengatakan tujuan mendatangkan pesawat CN 235 MPA ini selain untukmenggantikan pesawat CN 235 juga untuk membantu tim SAR Gabungan menemukan helli MI-17, pasalnya selain mempunyai kemampuan untuk memuat logistic, CN 235 MPA juga memiliki radar khusus dan alat pendeteksi panas.

“ Hari ini pesawat CN 235 MPA sudah landing di Base Ops Silas Papare Sentani dan siap untuk menggantikan CN 235. Pesawat ini milik TNI-AU dan sengaja kami datangkan untuk membantu proses pencarian, karena pesawat ini bukan hanya sebagai pesawat angkut logistic tetapi juga memiliki radar sendiri dan alat pendeteksi panas, “ Jelas Wakapendam.

Rencananya CN 235 MPA akan di pakai untuk menyisir daerah Airu dan Lereh hingga daerah pegunungan Moll di Oksibil.

“ Jadi selain membantu mengangkut logistik dari sentani ke oksibil, pesawat ini juga akan membantu mencari helli MI-17. selama penerbangan dari sentani ke oksibil pesawat akan menghidupkan radar dan alat pendeteksi panasnya, “ Beber Dax.

Letkol Dax berharap dengan adanya pesawat CN 235 MPA ini dapat memberikan informasi bagi tim gabungan untuk segera menemukan keberadaan helli MI-17 beserta 12 penumpangnya.

“ Ya kami mohon dukungan doa nya, semuanya sudah kami kerjakan dengan maksimal, ada tim udara, ada juga tim darat, kita semua kerjasama untuk temukan Helli MI-17, Semoga Tuhan menyertai kita semua, “ Pungkas Dax. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here