C-19 Papua, Fakta : Lansia dan Pria Lebih Mudah Terjangkit Covid-19

0
Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Jumlah Pasien Positif C0vid-19 di Papua terus bertambah, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Papua hingga Senin, 13 April 2020, jumlah komulatif Pasien Positif Corona sebanyak 67 orang.

Dari 67 pasien tersebut, 50 persen nya adalah Pasien yang telah berusia diatas 50 Tahun, 45 persen lagi di usia 30 – 49 tahun, sementara 5 persen di bawah 30 tahun.

Berdasarkan presentase umur para pasien, Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule menjelaskan bahwa jumlah pasien positif C-19 paling banyak di usia lansia karena daya tahan tubuh (imun tubuh) mereka sudah menurun, sehingga ketika virus menyerang sudah tidak memiliki pertahanan tubuh lagi.

“ Kebanyakan memang pasien yang positif itu di usia lansia ya.., mengapa ya karena memang imun mereka sudah menurun, apalagi kalau ada penyakit penyerta, seperti diabetes, jantung atau paru, akan lebih cepat proses infeksinya, “ Jelas Sumule.

Fakta lain menurut Sumule, ada 45 persen pasien pada usia 30-49 tahun, angka nya tergolong banyak, padahal bila di lihat diusia tersebut tubuh manusia masih terbilang sehat dan kuat.

“ ya menang ada beberapa kasus yang masih diusia produktif ya.., antara 30 – 45 yang juga terpapar, bahkan ada yang sudah meninggal dunia, kalau ini kasusnya memang karena yang bersangkutan memiliki penyakit penyerta yang sudah akud sehingga susah di tolong, “Jelasnya.

Faktor lain menurut Sumule adalah tingkat kesadaran yang kurang dari pasien, “ada juga pasien yang datang ke kami saat sudah dalam keadaan sakit berat, ini yang masalah.., kami akan sangat kewalahan bila mengatasi pasien yang sudah terinfeksi parah, “Bebernya.

Dirinya pun berharap kepada warga apabila masuk dalam golongan ODP atau PDP dan mengalami gejala covid-19 agar segera melapor, “Jangan tunggu parah dulu baru datang ke kami,”Tukasnya.

Sementara itu bila di lihat dari jenis kelamin, berdasarkan data sebanyak 62 persen pasien positif corona berjenis kelamin laki-laki, sedangkan 38 persen yang berjenis kelamin perempuan.

“itu faktanya.., dari data kami pria memang lebih rentan terpapar covid-19 dari pada perempuan, namun untuk mengapa, saya belum memiliki pengetahuan itu dan nanti akan coba tanyakan kepada ahli virologi untuk masalah itu, “Jelas Sumule.

Hingga hari ini, Senin 13 April 2020 pukul 19.20 wit, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Papua jumlah komulatif pasien Positif covid-19 di Papua masih diangka 67 kasus, dengan catatan 46 diantaranya masih dalam perawatan, 15 kasus sembuh dan 7 orang meninggal dunia.

Sementara untuk data Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 83 orang. Orang Dalam Pemantauan  (ODP) sebanyak 3216 kasus. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here