Bupati Jayawijaya : Ada 3 Pasien kita Yang Sudah Positif Corona

0
Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon R Banua saat memberikan keterangan Pers terkait 3 pasien positif C-19 di Wamena / ist

Wamena, Topikpapua.com, – Satu lagi Kabupaten di Papua masuk dalam Zona merah Covid-19. Minggu malam terkonfirmasi ada 3 pasien covid-19 di Kabupaten Jayawijaya yang positif.

“Kami tadi malam dapat konfirmasi dari dinas kesehatan Provinsi bahwa hasil tes kita yang di kirim ke Provinsi di labkesda ada tiga pasien yang positif, “Ungkap Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Banua kepada Pers, Senin (13/04/20).

Dijelaskan Bupati, dari tiga pasien tersebut dua diantaranya datang ke Wamena sebelum diberlakukannya penutupan bandara, sedangkan satu pasien lainnya berasal dari kabupaten Mamberamo Tengah.

“Tiga orang ini naik sebelum penutupan bandara, yang dari mamteng dia langsung akses dari Jayapura ke Mamteng tanggal 13 Maret 2020. Dua lagi sebelum penutupan bandara sudah kembali, “Jelas Bupati Jhon.

Jhon mengaku bila pasien yang berasal dari Mamteng datang ke RSUD wamena dalam keadaan sakit Malaria, namun setelah di periksa sampel swab nya ternyata positif corona.

” Yang dari Mamteng itu memang sudah dalam perawatan, kebetulan masuk dengan kondisi malaria, karena gejalanya sudah mengarah ke covid-19 kita langsung rawat di ruang isolasi, dan ternyata setelah di periksa sampel swabnya hasilnya positif covid-19, “jelas Bupati Jhon.

Sementara yang dua lainnya memlih untuk isolasi mandiri di rumah, “Namun kita terus awasi oleh pihak rumah sakit, kita lakukan tahapan-tahapan pelayanan dengan memberikan obat dan mengambil sampel swab juga, hasilnya ternyata positif covid-19, “Beber Jhon.

Bupati Jhon mengaku setelah pihaknya mendapat informasi bahwa keriga pasien tersebut Positif covid-19, maka dua pasien yang isolasi mandiri lalu di evakuasi ke ruang isolasi RSDU Wamena.

“Dengan adanya 3 pasien yang sudah positif maka Saya sebagai Bupati akan mengambil langkah untuk bagaimana mencegah agar virus ini tdak tersebar ke warga yang lain, “Kata Bupati.

Bupati mengaku telah berkoordinasi dengan gugus tugas covid-19 jayawijaya untuk segera mentrace alur kontak ke tiga pasien ini.

“ Kami juga sudah koordinasi dengan Bupati Mamteng supaya akses keluarga pasien yang positif bisa segera di batasi dan di cari tau pasien ini pernah kontak dengan siapa saja, “terang Bupati.

Bupati juga berpesan Kepada masyarakat di Jayawijaya dan pegunungan tengah agar tidak terpengaruh isu yang berkembang, “Dengan ada tiga orang positif saya berharap masyarakat supaya tidak percaya berita Hoax yang berkembang dan lebih banyak tinggal di rumah,”Pintah Bupati Jhon.

“Ke depan kami akan rapat untuk ambil langkah-langkah bagaimana tindak lanjut mengenai social distancing yang direvisi menjadi jam 6 sore akan tutup full atau bagaimana, “Tukas Bupati Jhon Banua. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here