Kapolres Yahukimo AKBP Dedi Hardiana saat tatap muka dengan masyarakat Suku Yali/foto istimewa

Jayapura, Topikpapua.com, – Wakil
Gereja Injili di Indonesia (GIDI) Papua Pdt Viktor Kobak mewakili jemaat dari Suku Yali mengaku tidak akan melakukan aksi balasan penyerangan kepada Suku Kimyal pasca kerusuhan antarsuku di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Minggu 3 Oktober 2021.

” Tetapi biarkan Tuhan langsung yang membalasnya kepada para pelaku. Kami juga yakin bahwa pemerintah dan juga pihak keamanan tak akan tinggal diam atas kejadian yang dilakukan para kelompok oknum Suku Kimyal,” ujar Victor saat tatap muka bersama masyarakat Suku Yali yang tengah mengungsi di halaman Gereja GIDI Evan Hastia, Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua, Kamis (7/10/2021).

Victor menambahkan, selaku hamba Tuhan pihaknyan juga sudah mengimbau kepada semua masyarakat Suku Yali di Yahukimo yang telah menjadi korban agar bisa menerima atas kejadian ini.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Yahukimo Didimus Yahuli meminta masyarakat sebagai umat Tuhan untuk tetap sabar dan selalu berdoa terkait insiden yang telah terjadi itu.

“Saya selaku kepala kaerah menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Yahukimo dan pejabat lainnya yang sama – sama menjaga daerah ini melalui pelayanan dengan baik, sehingga situasi sampai sekarang sudah aman dan kondusif dan juga kepada personil TNI-Polri yang menjaga daerah ini aman dan kondusif,” kata bupati.

Bupati atas nama Pemda Yahukimo juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Yahukimo dan Dandim 1715/YKM terkait penambahan personil BKO Brimob, yang bertujuan untuk mengamankan masyarakat sehingga situasi aman dan kondusif.

“Kami juga minta hukum harus di tegakkan dan kejadian ini harus di tuntaskan sampai akar – akarnya. Kami juga sudah menyampaikan lewat pernyataan sikap bahwa kami masyarakat Suku Yali tidak akan melakukan balasan dengan kekerasan atas kejadian ini,” tegas bupati.

Sementara itu Kapolres Yahukimo AKBP Dedi Herdiana mengaku Kepolisian telah mengamankan beberapa orang yang diduga terlibat dalam kerusuhan yang diawali dengan aksi penyerangan oleh Suku Kimyal.

“Ini akan terus kami kembangkan dan kami minta bila masyarakat melihat pelaku yang lain agar segera melaporkan kepada kami, jangan takut untuk dijadikan saksi atas kejadian tersebut,” terang kapolres.

Berkaitan dengan aksi tersebut, lanjut kapolres, pihak keamanan juga sangat berterima kasih Kepada masyarakat Suku Yali karena tidak melakukan pembalasan dengan kekerasan dan menyerahkan sepenuhnya kepada Polres Yahukimo.

“Kami dari Polres Yahukimo menghimbau untuk sama – sama kita menjaga keamanan dan ketertiban pasca kejadian kemarin,” imbau kapolres. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here