Buaya raksasa yang menelan seorang warga di Timika/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com , – Seorang warga yang sebelumnya dikabarkan diterkam buaya raksasa di Jembatan 1 Kampung Ayuka arah Cargodock Mimika Timur Jauh, Mimika, Papua, akhirnya ditemukan Tim SAR Gabungan, Jumat 21 Januari 2022 sekira pukul 08.00 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, korban bernama Demianus Tauta (30), pada Kamis 20 Januari 2022 sedang mencari karaka (kepiting). Saat ingin mencuci hasil tangkapannya di pinggir sungai Kampung Ayuka, tiba-tiba seekor buaya raksasa muncul dari dalam air dan menerkam kemudian menyeret korban ke dalam air.

“Dari keterangan saksi Stevanus Nimaipo (45) dan Alberth Taute (12) seperti itu. Kemudian saksi melaporkan kejadian itu, dan pada hari Jumat Tim SAR Gabungan TNI-POLRI, Basarnas, dibantu masyarakat setempat langsung melakukan pencarian,” terang Kamal di Jayapura, Sabtu (22/1/2022).

Lanjut Kamal, sekira pukul 09.00 WIT, Tim Gabungan tiba di lokasi dengan menurunkan 5 unit perahu melakukan upaya pencarian di area sungai. Sekira pukul 15.00 WIT, warga yang melakukan pencarian melihat seekor buaya di sekitar tempat kejadian kemudian warga menombak dan memanah buaya tersebut.

“Saat buaya tertikam tombak dan panah, buaya langsung memuntahkan potongan-potongan tubuh korban yang telah dimakannya.
Kemudian warga menangkap buaya tersebut dan membawa buaya ke Kampung Ayuka di rumah orang tua korban untuk dibuat adat sebelum mereka membelahnya agar dapat mengumpulkan sisa – sisa bagian tubuh korban yang masih ada di dalam perut buaya,” jelas Kamal.

Kamal menambahkan, sekira pukul 15.15 WIT setelah perut buaya dibelah, hanya di dapat potong kaki, tangan dan gaging yang sudah hancur. Selanjutnya Tim SAR Gabungan menyerahkan jenazah korban ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

“Dalam kesempatan ini kami menghimbau kepada masyarakat agar dalam melaksanakan aktivitas sehari-sehari di sekitar sungai untuk lebih berhati-hati, sehingga kejadian tersebut tidak terulang kembali,” imbau Kamal. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here