Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat menerima penghargaan opini WTP / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Pemerintah kota Jayapura kembali menerima penghargan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 7 kalinya  dari pemerintah melalui Menteri Keuangan RI  atas prestasi laporan pengelolaan anggaran tahun 2019.

Selain Kota Jayapura, Penyerahan pengharagaan diberikan juga kepada 17 kepala daerah  lainnya. Penyerahan penghargaan berlangsung di hotel Aston jayapura, Selasa 27 oktober 2020.

“Kita di Pemkot Jayapura totalnya sudah  terima WTP sebanyak 7 kali dan penghargaan ini merupakan yang ke 5 kali secara berturut-turut sejak tahun 2016 lalu, “Kata Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano kepada Pers, Usai acara penerimaan WTP.

BTM sapaan akrap Walikota Jayapura mengaku penghargaan WTP yang di terima Pemkot Jayapura merupakan buah dari kerja keras semua OPD yang ada di lingkup Pemkot Jayapura.

“Penghargaan ini bisa kami terima berkat kerja keras semua OPD di lingkup pemkot jayapura dan hasil kerja keras ini tujuannya hanya satu, yaitu untuk kepentingan masyarakat kota jayapura,”Ujar BTM.

Dijelaskan BTM, selain dinilai baik dalam tata kelola keuangan, dalam penialian opini WTP, BKP RI juga menilai indikator lainnya, seperti manfaat dari pengelolaan uang tersebut apakah berdampak langsung kepada masyarakat atau tidak.

“Jadi masyarakat di kota jayapura tidak hanya memberikan uangnya saja kepada pemerintah kota (pajak) tetapi ada hasil yang baik juga yang di berikan pemkot untuk warga kota jayapura, terbukti dengan menurunnya angka kemiskinan, turunnya angka penganguran dan IPN, indikasi-indikasi inilah yang dinilai oleh BPK dalam memberikan penghargaan WTP ini, “Beber BTM.

“Jadi bukan saja soal pengelolaan anggaran yang baik, tapi juga bagaimana dengan anggaran tersebut digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “Tambah BTM.

BTM juga mengaku dua tahun lagi masa jabatan sebagai walikota akan berakhir, untuk itu dirinya berkomitmen untuk mempertahankan prestasi pengelolaan anggaran di Pemkot Jayapura, dengan pelayanan terbaik kepada wrag di kota jayapura.

“Dimasa kerja saya yang tersisa dua tahun ini, saya siap untuk mempertahankan predikat ini hingga usai masa jabatan saya sebagai walikota jayapura. Ini bukti dari niat saya untuk memberikan yang terbaik dalam hal pengelolaan keuangan daerah di pemkot jayapura, “Tukasnya.

Walau demikian, diakui BTM bila masih ada beberapa catatan yang di berikan oleh BPK RI, yaitu terkait pengelolaan asset daerah.

“Ada sejumlah catatan dari hasil pemeriksaan BPK terhadap penggunaan anggaran pemkot jayapura, diantaranya kita diminta untuk memperbaiki aset-aset pemkot jayapura, itu saja poin yang disoroti oleh BPK, Nanti kita akan bekerjasama dengan BPK Papua untuk membantu kita mengaudit semua aset-aset pemerintah kota baik itu yang bergerak maupun yang tidak bergerak, “Pungkasnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here