Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano selaku Ketua Sub PB PON setempat, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepasa para atlet, ofisial, relawan dan juga masyarakat Kota Jayapura, atas suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di kluster Kota Jayapura, beberapa waktu lalu.

” PON XX Papua telah terlaksana dan ini mencerminkan kuatnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa, solidaritas dan sportifitas yang mewarnai perhelatan akbar di kluster Kota Jayapura,” kata BTM di Jayapura, Papua, Kamis (21/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Persipura Jayapura ini juga memberikan penghargaan besar kepada semua pihak yang sudah berdedikasi dalam menyukseskan PON di ibu kota Provinsi Papua.

” Saya menyampaikan terima kasih, apreasiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang bekerja keras tanpa kenal lelah, menyumbangkan pikiran, tenaga dan waktu demi suksesnya PON XX Papua di Kota Port Numbay, negeri matahari terbit,” ucapnya.

Khusus kepada seluruh panitia besar Sub PB PON Kota Jayapura, BTM memberikan rasa salut atas koordinasi dan komunikasi yang intens sehingga layanan akomodasi, transportasi kepada para atlet dan ofisial berjalan baik.

“Ribuan relawan tersebar di semua venue bekerja juga ikut melayani dan memberikan kenyamanan bagi atlet dan ofisial. Begitu juga dengan perangkat pertandingan hingga sarana dan prasarana perhotelan dan non hotel tersedia dengan baik. Kemudian juga konsumsi dan kebutuhan atlet telah diberikan semaksimal mungkin,” katanya peran serta pihak keamanan TNI dan Polri memberikan rasa aman, nyaman dan penuh kedamaian saat pelaksanaan PON.

Lanjut BTM, PON XX Papua telah menumbuhkan peningkatan ekonomi dan juga mengembangkan budaya dan kearifan lokal yang disajikan melalui kreasi tari dan sanggar Port Numbay Papua kepada para tamu dari seluruh nusantara yang bertandang selama iven PON berlangsung.

” Kami dorong UMKM dari wilayah Lapago, Mepago, Animha, Saireri dan Tabi untuk hadir selama PON guna berdampak bagi peningkatan penghasilan mama-mama Papua. Mereka memperkenalkan budaya Papua secara keseluruhan lewat noken, asesoris berciri khas Papua. Dan suguhan kopi Papua juga ikut berkontribusi dalam keberhasilan PON XX,” beber BTM pendapatan asli daerah (PAD) Kota Jayapura meningkat dan juga tingkat hunian 100 persen.

Tak hanya itu, BTM juga merasa bangga bahwa PON telah melahirkan generasi Papua hebat, dimana duta-duta Papua tersebut berhasil menyumbangkan medali emas, perak dan perunggu dengan jumlah fantastis sehingga memecahkan rekor nasional.

” Ini sebagai bukti dulu dan kini bahwa Papua masih menjadi gudangnya atlet. Dan kita juga tentu berharap sukses pelaksanaan PON harus dibarengi dengan sukses administrasi yang bisa dipertanggung jawabkan dengan baik. Terima kasih wargaku sudah memberikan kenyamanan lewat senyuman ramah dan merangkul persahabatan kepada para duta olahraga dari seluruh Indonesia,” katanya seraya menyerukan Papua, Torang Bisa!

Selanjutnya BTM meminta seluruh masyarakat ikut menjaga keberadaan venue-venue di Kota Jayapura demi lahirnya generasi olahraga yang handal dan berprestasi di masa mendatang.

“Mari bergandeng tangan bersama. Tugas kita belum selesai karena masih dilanjutkan dengan Peparnas XVI Papua di Kota Jayapura. Kita semua harus ikut menyukseskannya,” tegas BTM. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here