BPK RI : Kota Jayapura Terbaik dalam Kinerja Penanganan Covid-19 di Papua

0
Wakikota jayapura, Benhur Tomi Mano saat memberikan keterangan pers / ist

 Jayapura, Topikpapua.com, –  Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) memberikan penghargaan kepada Kota jayapura sebagai daerah yang dianggap paling baik dalam kinerja penanganan covid-19 di Papua.

“Ada tiga daerah yang dinilai, yaitu kota jayapura, kabupaten jayapura dan kabupaten keerom, tiga daerah ini dijadikan sampel penilaian oleh BPK RI dalam penanganan pandemik covid-19 di papua dan kami kota jayapura mendapat kriteria cukup efektif untuk kategori kinerja pananganan covid-19, “Ungkap Walikota Benhur Tomi Mano kepada pers, jumat (18/12/20).

Menurut Walikota yang akrab disapa BTM itu, ada empat kriteria yang dipakai, yakni efektif, cukup efektif, kurang efektif dan tidak efektif.

“Kita di kota jayapura dan kabupaten keerom penilaiannya di fokoskan pada laporan keuangan untuk kinerja penanganan covid-19, kita dapat cukup efektif, sementara kabupaten jayapura kurang efektif. Kalau kabupaten Keerom fokus penilaiannya pada tingkat kepatuhan, “Jelas BTM.

BTM mengaku dari hasil pemeriksaan BPK RI, ada beberapa hal yang menjadi catatan kekurangan kota jayapura yakni belum memiliki alat PCR untuk memeriksa swab pasien covid.

“Memang kita belum punya PCR di kota jayapura, sehingga hasil swab  sering terlambat, namun untuk masalah ini kita sudah dijanjikan oleh Menko PMK untuk dibantu satu unit Mobile PCR. Mudah-mudahan akhir desember ini sudah bisa datang alatnya, “Beber BTM.

Sementara itu BTM mengaku BPK RI juga memberikan apresiasi kepada pemerintah kota Jayapura atas kebijakan menyiapkan tempat untuk isolasi bagi pasien covid-19 dengan gejala ringan.

“Penilaian cukup efektif dapat kita peroleh juga karena kebijakan kita menyiapkan tempat isolasi bagi penderita dengan sakit ringan. Ada hotel sahid dan LPMP dan itu mendapat apresiasi dari BPK RI, “Ujar BTM.

Walikota BTM pun berharap Laporan keuangan penggunaan dana covid kota jayapura bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain dalam penanganan covid-19 di papua.

“Pesan BPK RI seperti itu, mereka berharap kabupaten lain di Papua bisa mencontohi kita kota jayapura dalam hal pengelolaan dana covid-19, mulai dari penggunaan yang tepat pakai, pengawasan hingga pembuatan laporannya, “Jelas BTM

Ditanyakan soal berapa besar dana yang disiapkan dan telah dipakai dalam penanganan pandemik covid-19 sejak bulan maret hingga desember 2020, BTM mengaku telah menggelontorkan dana sebesar 32 Miliar rupiah.

“Sejak bulan maret hingga desember kita alokasikan dana dari APBD kota jayapura sebesar 32 Miliar, dan hingga kini kita sudah pakai 27 Miliar, “Pungkas Walikota BTM. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here