Proses evakuasi jenazah Anggota Brimob Kelapa Dua, Bhayangkara Dua (Bharada) Muhammad Kurniadi Sutio yang gugur di Kiwirok pada Minggu (26/9/2021)/foto ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Satu Anggota Brimob Kelapa Dua, Bhayangkara Dua (Bharada) Muhammad Kurniadi Sutio yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas ) Nemangkawi gugur pada Minggu (26/9/2021) pagi pukul 05.30 WIT.

Dia mengalami luka tembak di bawah ketiak sebelah kanan dalam kontak senjata dengan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Alipki Taploi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menjelaskan, insiden baku tembak berawal sekira pukul 04.50 WIT, dimana saat personel Gabungan TNI-Polri sedang melakukan penjagaan di Polsek Kiwirok.

Saat itu, lanjut Kamal, personel gabungan yang tengah berjaga-jaga di Mapolsek mendapatkan serangan tembakan dari anggota KKB. Alhasil, terjadilah aksi baku tembak karena personel membalas tembakan tersebut.

” Dari kontak tembak itu mengakibatkan gugurnya satu personel Satgas Nemangkawi atas nama Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi Sutio yang mendapatkan luka tembak dibawah ketiak sebelah kanan,” ujar Kamal kepada Redaksi Topik di Jayapura, pagi ini.

Kamal menambahkan, sekira pukul 07.16 WIT, helikopter Polri mendarat di Bandara Distrik Kiwirok guna mengevakuasi jenazah korban menuju Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang. Pada pukul 07.21 WIT, helikopter yang melakukan evakuasi korban take off dari Distrik Kiwirok menuju bandara Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang. Kemudian pukul 10.00 WIT, jenazah korban diterbangkan ke Jayapura dengan menggunakan pesawat charter Smart Air.

“Saat ini jenazah telah berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua untuk dilakukan tindakan medis. Rencananya jenazah akan diterbangkan ke kampung halamannya di Kampung Paniang, Aceh, melalui Bandara Sukarno Hatta ke Bandara Kuala Namo Medan dan kemudian ke Kampung Paniang Aceh,” jelas Kamal lagi.

Menurut Kamal, personel gabungan TNI dan Polri sedang melakukan pengejaran terhadap para pelaku pengacau keamanan di wilayah Kiwirok. Dan, dalam kurun waktu sepekan ini terdapat dua anggota TNI dan Brimob yang tewas ditangan KKB .

“Personil gabungan TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap KKB pimpinan Lamek Alipki Taplo,” pungkasnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here