Begini Cara Pertolongan Pertama saat Lakalantas

0
Anggota Lantas Polda Papua saat sedang mempraktekkan cara PPGD / ist

Jayapura, Topikpapua.com, –  Dir Lantas Polda Papua Kombes Pol Drs. Supriyadi, M.Si menjelaskan cara Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) saat terjadi Lakalantas. Penjelasan yang di laksanakan dengan praktek langsung di lapangan itu di gelar di halaman kantor Gubernur Papua, Sabtu (21/09/19).

“ Kegiatan ini bertujuan agar Personil Polri ataupun Masyarakat mengetahui tindakan apa yang harus diambil pada saat terjadi Laka Lantas, “ Kata Kombes Supriyadi usai mempraktekkan cara PPGD di depan personil dan warga yang hadir.

Menurut Kombes Supriyadi, yang pertama harus dilakukan adalah Jangan Panik, Jauhkan Korban Dari Kemungkinan Kecelakaan. Selanjutnya, Perhatikan Pernafasa dan Denyut Jantung Korban, Perhatikan Tanda-tanda Ahok, Jangan Memindahkan Korban Dengan Terburu-buru, Segera Transportasikan Korban ke Sentra Pengobatan.

“ Apabila penanganan yang dilakukan benar maka dapat terhindar dari fatalitas dan korban bisa diselamatkan, karena jika salah menangani korban Laka Lantas bisa menambah parah luka ataupun kondisi korban tersebut, “ Jelas Kombes Supriyadi.

Dijelaskan Kombes Supriyadi, Sengaja kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor Gubernur yang merupakan tempat terbuka agar bisa disaksikan oleh masyarakat dan diharapakan setalah mendapat materi tersebut mastyarakat dapat berperan aktif pada saat terjadi Laka Lantas untuk melakukan pertolongan awal yang kemudian akan dilakukan pertolongan lebih lanjut oleh tim kesehatan.

Pada kesempatan itu Kombes Supriyadi juga menjelaskan tentang bagaimana cara kepolisian untuk mensiasasi kemacetan jalan raya di kota Jayapura jelang perhelatan PON XX tahun 2020 mendatang.

“ Hal ini dibahas karena di bidang transportasi sangat menjadi faktor penting yang harus didiskusikan bersama-sama guna dapat mengantisipasi kemungkinan volume kendaraan yang akan menumpuk, Jelas Supriyadi.

Dir Lantas Polda Papua juga berharap  kondisi Lalu Lintas ketika menerima tamu yang akan datang maupun kembali nanti akan berjalan lancar dan tertib sehingga meninggalkan kesan baik terhadap Papua.

“ Hal yang harus dipenuhi ataupun syarat agar terciptanya Kamseltibcar yakni kondisi stabilitas daerah tersebut, serta sarana dan prasarana yang memadai serta menjadikan mitra sebagai kunci dan masyarakat merupakan aset yang dapat kita rangkul sehingga terciptanya Kamseltibcar, “ Pungkas Kombes Supriyadi. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here