Aparat Tembak Mati 2 Anggota KKB Penyerang Kantor PT Freeport

0
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal saat memberikan keterangan pers soal penyerangan markas KKB di Mimika / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Aparat Gabungan TNI-Polri berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB dan mengamankan satu orang. Aparat juga berhasil mengamankan ratusan amunisi, Senjata api dan alat perang lainnya.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal mengatakan penindakan terhadap kelompok KKB tersebut berawal saat pihaknya berhasil mengamankan 6 orang yang di duga sebagai penyuplai bahan makanan kepada KKB.

“ Jadi itu awalnya kita dapat 6 orang yang kami duda sebagai penyupalai kebutuhan Kelompok ini, setelah kita periksa, kita dapat info kalau kelompok itu sedang bersembunyi di Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika, “Kata Kombes Kamal Kepada Redaksi Topik, Jumat (10/04/20).

Dijelaskan Kamal, usai mendapat info aparat gabungan langsung bergerak menuju Kampung Jayanti di jalan trans Nabire, “Saat kami tiba disana kami diserang dan sempat terjadi kontak tembak dengan mereka, “Kata Kamal.

Diakui Kamal, akibat kontak tembak tersebut dua anggota KKB berhasil di lumpuhkan, dan satu lainnya berinisial IS berhasil diamankan.

“Dari kontak tembak tersebut 2 orang anggota KKB meninggal dunia dan 1 orang berinisial IS berhasil kami amankan dan saat ini berada di Mapolres Mimika untuk proses hukum lebih lanjut, “Katanya.

Selain berhasil melumpuhkan 2 anggota KKB dan menangkap IS Aparat gabungan juga berhasil menyita ratusan amunisi, bendera bintang kejoradan senjata api serta puluhan alat perang tradisional.

Barang Bukti hasil penyerangan Aparat Gabungan terhadap KKB di Mimika / ist

“Adapun barang bukti yang kami amankan, yakni 1 Buah Air Soft Gund Merk Glock, 1 Buah Senjata Rakitan, 162 Butir Peluru, 10 Buah Selongsong, 20 Buah Hp, 2 Buah Ht, 3 Buah Bendera Corak Bintang Kejora, 3 Buah Kampak, 3 Buah Busur Panah, 90 Buah Anak Panah, 11 Buah Parang, 7 Buah Senapan Angin dan 11 Buah Potongan Bagian Senapan Angin, “Beber Kamal.

Menurut Kombes Kamal, Tiga anggota KKB yang berhasil di tindak ini merupakan bagian dari kelompok yang pada akhir Maret lalu menyerang Kantor PT Freeport di Kuala Kencana yang menyebabkan 1 WNA tewas dan melukai tiga warga WNI.

“Mereka ini merupakan anggota KKB yang melakukan penembakan terhadap WNA asal New Zealand di Kantor OB 1 Kompleks PT. Freeport Indonesia pada tanggal 30 Maret lalu, “Terang Kamal.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan pasca penindakan terhadap anggota KKB situasi di kampung Jayanti aman dan kondusif.

“Aparat gabungan TNI-Polri sampai sekarang terus melakukan pengejaran terhadap para kelompok tersebut yang melarikan diri ke hutan  tidak jauh dari TKP, “Pungkas Kombes Kamal. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here