Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay / Nug

Jayapura, Topikpapua.com, – Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay mengungkapkan bila pelaksanaan pemilu 2019 di kabupaten Nduga hanya akan di laksanakan di Distrik Kenyam. Hal tersebut mengingat situasi keamanan yang belum stabil pasca penembakan puluhan pekerja PT Istaka Karya pada 2 Desember 2018 silam.

Theo mengaku keputusan menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan presiden dan anggota DPR serta DPD pada tanggal 17 April mendatang yang terpusat di distrik Kenyam setelah pihaknya berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Nduga, Bawaslu dan juga TNI-Polri.

“ Karena alasan keamanan, maka kita putuskan pelaksanaan pemilu di nduga di pusatkan di distrik Kenyam, keputusan ini setelah kita semua duduk bicara dan semua sepakat di laksanakan di Kenyam, “ Ungkap Theo kepada Redaksi Topik, Kamis (11/04/19).

Dijelaskan Theo bila saat ini para pengungsi yang tersebar di beberapa kabupaten seperti Mimika, Lanny jaya, Jayawijaya sudah mulai kembali ke Nguda.

“ Memang banyak ya.., yang mengungsi keluar Nduga karena takut, tapi kami sudah koordinasi dengan pemkab Nduga juga kepada para tokoh adat dan tokoh agama, meminta warga Nduga kembali ke kenyam untuk ikut pemilu, “ Jelas Theo.

Lanjutnya, sistem Pelaksanaan pemilu di kabpaten Nduga masih mengunakan sistem noken/ikat, sehingga mekanisme pelaksanaan pemilu nantinya di harapkan bisa berjalan dengan aman.

“ Disana kan menggunakan sistem noken/ikat, jadi tidak mesti juga semua warga hadir di kenyam, mungkin cukup perwakilan saja, dari kepala suku misalnya yang membawa suara perwakilan dari warganya, yang penting suara tersebut benar adalah hasil pilihan warga yang di wakili, “ Beber Theo.

Theo Menambahkan bila Saat ini KPU Kabupaten  Nduga sedang mendata dan menginventarisir warga dari distrik dan kampung – kampung untuk di buatkan TPS di kenyam.

“ Jadi nantinya hasil pendataan KPU disana akan dibuatkan TPS sesuai dengan jumlah Distrik dan kampung yang ada di kabupaten Nduga, sehingga pelaksanaan nya lebih mudah di awasi dan dari segi keamanan juga mudah di pantau, “ Pungkas Theodorus. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here