Aksi Teror di Intan Jaya, Ini Komentar Legislator Asal Papua

0
Anggota Komisi I DPR RI, Bidang Pertahanan, Yan Permenas Mandenas / ist

Jayapura, Topikpapua.com, – Paska serangkaian aksi teror yang terjadi di kabupaten Intan Jaya dalam sepekan terakhir membuat salah satu legislator asal Papua Geram.

“Saya terus memonitor apa yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya dalam sepakan ini. Atas serangkaian kasus penembakan itu membuat saya sedih, Maka saya langsung menghubungi KSAD, Jendral Andika Prakasa kemarin Malam ,” Kata Anggota Komisi I DPR RI, Bidang Pertahanan, Yan Permenas Mandenas kepada Pers, Senin (21/09/20).

Menurut Politikus asal partai Gerindra ini, dirinya meminta KSAD, Jendral Andika Prakasa untuk memfasilitasi Peyelesaian konflik di Kabupaten Intan Jaya, yang telah menewaskan Seorang Pendeta serta warga sipil dan anggota TNI.

Mandenas berharap, Pihak terkait agar segera melakukan investigasi cepat dan mengungkapkan para pelaku, terkait rentetan penembakan di Kabupaten Intan Jaya, khususnya kejadian yang terjadi dalam satu pekan ini.

“Khusus penembakan yang terjadi terhadap hamba Tuhan saya akan mengawal sampai tuntas agar di ungkapkan jelas para pelakunya, sehingga perlu di seriusi oleh semua pihak,” Tukas Mandenas.

Yan Mandenas meminta hasil investigasi kedepannya agar di serahkan ke pihak legislator di pusat, untuk kemudian menjadi bahan evaluasi bersama unsur pemerintah dan juga Panglima TNI dan DPR RI.

“Pada beberapa waktu mendatang kami akan mendorong dan menjadwalkan khusus rapat bersama Para Institusi terkait, soal rentetan Aksi penembakan di Papua dan saya akan konsen mempertanyakan kejadian yang ada di Intan Jaya, kami juga akan meminta hasil investigasi Awal sebagai bahan masukan bersama,” “Ujarnya.

Dirinya berharap para pelaku penembakan atau pembunuhan bisa ditangkap segera mungkin, “Pelakunya siapa, harus dikejar, ditangkap dan diproses hukum seberat-beratnya. Termasuk penembakan terhadap hamba Tuhan. Kalau itu dilakukan aparat penegak hukum kita, maka harus ada ditindak tegas,” Tukasnya.

Mandenas juga meminta kepada pimpinan daerah di wilayah Papua agar tidak sering meninggalkan tempat, sehingga mampu memantau dan mencari solusi terkait aksi kekerasan yang terjadi di daerahnya.

“Saya meminta dengan tegas Kepada Pemerintah Pusat Melalui Mengkopolhukam dan Mendagri untuk memerintahkan Para Kepala Daerah di Papua agar diwajibkan berada di tempat bersama Rakyatnya, untuk menjawab dinamika Sosial dan Politik di Masyarakat,” Pungakasnya. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here