Manager Toli FC Usman Wanimbo bersama para pemain saat mengangkat trofi/foto Art

Jayapura, topikpapua. com, – Tim sepak bola putri Tolikara Toli FC memastikan diri sebagai juara Pertiwi cup 2021 setelah mengalahkan Persemi Mimika dengan aggregat 18-0.

Srikandi Waleman The Blues menang 9-0 pada leg kedua Pertiwi Cup di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (27/01/22)

Toli FC menang berkat gol Feni Binbarek (11′, 47′) lalu Liza Armanita Madjar (34′, 83′) Barbalina Salampessy (16′, 68′) Yuliana Ongge (58′, 61′) dan Selly Wunungga (75′).

Kemenangan tersebut membuat anak asuh Thomas Madjar sebagai kampiun piala Pertiwi dengan aggregat 18-0. Pada pertemuan pertama Toli FC sudah mengantongi kemenangan 9-0.

Walau berhasil menang telak atas Persemi, namun Thomas Madjar menilai penampilan anak asuhnya masih harus ditingkatkan bila inhin bersaing di level nasional.

“Mungkin nanti akan lebih susah dan tertantang di saat nanti seri nasional. Karena di situ ada banyak tim yang dengan banyak pemain yang sudah ada di tim nasional dan pasti lebih seru. Itu yang akan membuat kami lebih siap di seri nasional yang akan lebih susah lagi itu,” ungkap Thomas usai laga.

Dikatakan Madjar, untuk menghadapi seri Nasional, Toli FC putri masih memiliki beberapa pemain yang bakal bergabung seperti Remini Rumbewas dan Marsela Awi yang saat ini memperkuat Timnas pada Piala Asia.

“Nanti mereka akan bergabung, saya kira akan lebih kuat lagi dan sektor-sektor yang kita anggap kurang sudah tertutupi,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena berharap, hasil pertandingan ini bisa membawa tim putri Papua berlaga di tingkat nasional.

“Karena sudah beberapa tahun kita tidak terlibat di sepakbola putri tingkat nasional. Tahun ini kansnya cukup besar sekali,” katanya.

Rocky lantas mengapresiasi pemerintah Kabupaten Tolikara yang begitu peduli dengan persepakbolaan di Papua.

“Bapak Bupati Tilokara, Usman Wanimbo ini sangat care sekali dengan sepakbola. Tidak hanya sepak bola putra, tapi sepakbola putri juga. Tahun ini kayanya tahunnya Tolikara, selain putra juara Liga 3, jadi ini mereka mengawinkan gelar dengan tampil juara di Pertiwi Cup,” ucapnya.

Dengan begitu, Rocky berharap semua Asprov di setiap Kabupaten sejalan mensuport olahraga si kulit bundar.

“Beliau adalah sosok yang punya komitmen bekerja dalam sepakbola. Hasilnya juga tidak hanya sekadar tampil, tapi targetnya selalu juara,” ujarnya.

Disinggung soal kuota tim putri Papua yang berlaga di seri nasional, Kadispora kota Jayapura itu menyebut belum mendapatkan info terkait berapa tim yang bakal lolos.

“Kita belum dapat kuota lolos, tapi kemarin kita sudah sampaikan. Jadi yang ikut playoff itu Asprov yang tidak menjalankan kompetisi, hanya mengirimkan perwakilan,” ujarnya.

Nah, kami karena menyelenggarakan, walau pun hanya dua tim. Kita berharap mudah-mudahan federasi bisa memenuhi kebutuhan dua tim ini untuk ikut di putaran nasional,” kata Rocky menambahkan.

Berhasil mengawinkan gelar, Manajer Tim Toli FC Usman Wanimbo bangga dengan apa yang telah ditorehkan para pemain.

“Terima kasih karena sore ini anak-anak menang. Saya sebagai manajer merasa bangga, berterima kasih anak-anak bisa memberikan hasil yang sangat memuaskan,” katanya.

Pihaknya siap mendorong ketika tim putri Toli FC berlaga di seri nasional.

“Jadi untuk ke Jakarta nanti saya pikir dari Pemda maupun klub maupun manajemen, siap untuk mendorong sampai main ke tingkat nasional,” pungkas UGW. (Artha/RT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here