Ketua DPD PDIP Papua, Jhon Wempi Wetipo/Ist

Jayapura, Topikpapua.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) , akan menyerahkan SK dukungannya kepada Sembilan pasangan bakal calon (Balon), yang bertarung pada Pilkada Serentak 2020 di Papua.

Ketua DPD PDIP Papua,  Jhon Wempi Wetipo mengatakan SK dukungan itu, akan diserahkan langsung oleh DPP.  “Untuk semua dukungan sudah ada, tinggal pengumumannya,” kata pria yang akrab disapa JWW ini, kepada  Redaksi Topik, Minggu (09/08/20).

Hanya saja, JWW masih merahasiakan nama calon-calon, yang bakal mendapatkan perahu partai pemenang Pemilu 2019 tersebut.

“Nama-namanya saya belum bisa beritahu sebelum diumumkan secara resmi, karena itu ranannya DPP,” kata Mantan Bupati Jayawijaya 2 periode ini.

JWW menyebut, 99 persen nama pasang calon yang diumumkan nantinya, dipastikan telah mengantongi B1KWK, yang merupakan surat resmi dukungan Parpol untuk didaftarkan ke KPU setempat.

“Kita kalau sudah dipanggil DPP,  berarti sudah pasti 99 persen dukungan PDIP untuk  kandidat yang bersangkutan,” kata Wamen PUPR ini.

JWW menjelaskan, untuk Pilkada di Papua, PDIP memiliki keterwakilan kursi siginikan di dua kabupaten dan dapat mengusung paslon sendiri.  Sementara  ada  7 kabupaten lainnya akan berkoalisi dengan partai lain, dan 2 kabupaten non seat.

“Asmat dan dan Boven Digoel kita memiliki jumlah keterwakilan kursi signifikan,”

Adapun 7 kabupaten yang nantinya berkoalisi dengan partai lain, sambung JWW, masing-masing Kabupaten Merauke, Kabupaten Nabire, Kabupaten Supiori, Kabupaten Waropen, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Keerom, dan Kabupaten Mamberamo Raya,

“Kalau Kabupaten Pegunungan Bintang dan Yahukimo kita non seat,” jelasnya.

Ditanyakan apakah ada kemungkinan SK yang diberikan DPP tidak disertai BIKWK, JWW menjelaskan, hal tersebut bisa saja terjadi.

“Kemungkinannya 1 persen bisa terjadi perubahan bilamana  ada hal-hal yang tidak dapat ditoleransi atau tidak diduga,” kata JWW.  (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here