300 Kios di Pasar Assue Mappi Terbakar, 700 Orang kehilangan Rumah

0

Mappi, Topikpapua.com, – sebanyak 300 rumah dan kios di kompleks pasar di Distrik Assue kabupaten Mappi Papua senin sore terbakar. Akibat kejadian ini sedikitya 700 orang terancam kehilangan tempat tinggal.

Kebakaran ratusan kios dan rumah ini terjadi sekitar pukul empat sore, berdasarkan keterangan beberapa saksi api berasal dari salah satu kios yang berada di pangkalan ojek depan pasar.

“ Api dari salah satu kios di pangkalan ojek depan pasar, api dengan cepat merambat ke kios-kios lain di dalam pasar karena saat kejadian angina bertiup cukup kencang dan kabanyakan bangunan pasar terbuat dari kayu, “ Beber Kabid Humas Polda Paua, Kombes Pol AM Kamal kepada Redaksi Topik, Selasa (26/02/19).

Lanjut Kamal, Hanya dalam hitungan jam saja hampir semua los kios dan rumah yang berada di dalam kompleks pasar ludes terbakar.

“ api sangat cepat menjalar ke kios-kios lainnya karena ada beberapa kios di dalam pasar yang merupakan agen penjual BBM, “ Kata Kamal.

Kamal menambahkan, instalasi listrik yang tidak sesuai standart PLN serta tidak adanya mobil pemadam kebakaran membuat api tak bisa di padamkan. Warga hanya bisa berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Pasca Kebakaran, Polres Mappi sudah mengamankan dan gelar olah TKP, meminta keterangan saksi, mengamankan barang bukti, melakukan penyelidikan dan penyidikan dan mendata para korban. Sementara kasus kebakaran tersebut telah ditangani oleh Polres Mappi.

Tidak ada korban Jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian material di duga mencapai milyaran rupiah.

“ Kami menghimbau kepada warga agar lebih waspada dalam melakukan aktifitasnya ditempat-tempat yang berbahan mudah terbakar, mengecek kembali instalasi listrik yang sudah termakan usia atau tidak sesuai dengan standart dari PLN dan kami meminta kepada pemerintah daerah untuk pengadaan kendaraan pemadam kebakaran, “Pungkas Kamal. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here