Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule / Nug

Jayapura, Topikpapua.com, – Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua mencatat hingga hari ini ada 29 kasus positif Covid-19 di lingkungan PON XX Papua dan baru 1 orang yang sudah dinyatakan sembuh.

” Ya, 29 orang yang terpapar corona itu terdiri dari atlet, ofisial dan panitia pelaksana PON itu sendiri,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 dr Silwanus Sumule di Jayapura, Selasa (5/10/2021).

Silwanus menjelaskan, kontingen dan ofisial yang saat ini tengah melakukan isolasi mandiri di antaranya dari DKI Jakarta, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Jawa Barat yang tersebar di empat kluster.

“ Jadi 29 kasus positif Covid-19 ini rincian di Kabupaten Mimika 13 kasus, Kabupaten Jayapura 7, Kota Jayapura 6 kasus dan di Kabupaten Merauke 3 kasus,” bebernya.

Saat ini, puluhan pasien tersebut sudah ditangani oleh petugas medis setempat dan masih tetap dalam pantauan karena mengalami gejala ringan.

Kemudian, lanjut Silwanus, bentuk penanganan yang diberikan kepada para pasien yakni dengan melakukan isolasi terpusat di kapal-kapal yang telah disediakan Satgas Covid-19 dan PB PON.

“Tidak hanya itu kami juga bekerja sama dengan beberapa rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut,” aku Silwanus.

Ia juga menyebut 29 orang yang melakukan isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19 telah mendapatkan vaksin lengkap (dosis pertama dan kedua). Lantas, untuk mencegah tidak ada lagi kasus positif virus asal Wuhan Cina di lingkungan PON XX Papua, pihaknya mengimbau kepada para atlet, ofisial, perangkat pertandingan dan penonton yang hadir untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tetap terapkan prokes. Itu salah satu upaya untuk membentengi diri kita dan orang lain dari penularan covid,” pungkas Silwanus. (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here