Kabar Gembira, Polda Papua Buka Penerimaan 2000 Bintara, Prioritas OAP dan Labepa

oleh

Jayapura, Topikpapua.com, – Kabar gembira bagi warga Papua, tahun 2024 Polda Papua membuka penerimaan bagi 2000 Bintara Polri. Penerimaan ini di prioritaskan kepada Orang Asli Papua (OAP) atau mereka yang lahir dan besar di Papua (Labepa).

“Sekarang dari Mabes Polri kita buka lagi 2.000, kita prioritas untuk OAP atau mereka yang lahir dan besar di Papua, itu ada juga kekhususan yang diberikan kepada kepala suku dan ondoafi,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Kamis (28/3/ 2024).

Fakhiri mengatakan, perekrutan anggota Polri akan disampaikan kepada jajaran di wilayah Polda Papua. Hal ini bertujuan agar penerimaan Polri di wilayah Papua tepat sasaran.

“Alasan kita prioritaskan anak OAP dan Labepa agar setelah lulus nanti mereka menjadi polisi dan kembali dinas di kabupaten asal mereka. Dia tidak berpikir lagi untuk pindah,” kata Fakhiri.

Menurut dia, perekrutan besar-besaran anggota Polri tahun ini sebagai upaya untuk memberikan peluang bagi generasi muda Papua. Rekrutmen ini juga menjadi peluang kerja untuk mengurangi angka kemiskinan di tanah Papua.

Selain itu, lanjut Fakhiri, penerimaan Polri ini sebagai bentuk pemenuhan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan Polda Papua. Dia berharap perekrutan ini bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat, dan kesejahteraan di tanah Papua.

“Jadi bukan setelah jadi polisi dia minta pindah dengan alasan segala macam. Maka itu rekrutmen ini benar-benar buat anak-anak yang lahir besar di Papua,” terangnya.

Irjen Fakhiri juga mengungkapkan rencana untuk membuka penerimaan khusus bagi para dokter dari lulusan Universitas Cenderawasih. Para dokter ini nantinya akan menjadi dokter kepolisian.

” Kita masih membutuhkan tenaga medis si kepoliaian papua, jadi buat ade-ade yang lulusan kedokteran atau perawat bisa mempersiapkan diri untuk mendaftar,” tutup Kapolda. (Redaksi Topik)

No More Posts Available.

No more pages to load.