20 September 2020, Total Pasien Positif Covid-19 di Papua Tembus 5000 Kasus

0
Infografis penyebaran covid-19 di Papua tanggal 20 September 2020 / SC-19 P

Jayapura, Topikpapua.com, – Hari ini, Minggu 20 September 2020 total pasien positif covid-19 di Papua tembus angka 5.046 kasus. Data ini adalah total komulatif sejak tanggal 17 Maret 2020 – 20 September 2020.

Penambahan yang signifikan dalam tiga pekan terakhir menunjukkan bila penyebaran kasus virus corona di Papua masih dan semakin tinggi.

Redaksi Topik mencatat, dalam tiga pekan terakhir penambahan kasus baru sebanyak 1.215 kasus, sedangkan total pasien yang meninggal mencapai 30 orang.

Dalam dua hari ini saja tercatat ada penambahan sebanyak 192 kasus, dimana pada sabtu kemaren jumlah kasus baru sebanyak 111 dan hari ini sebanyak 81 kasus.

“Total komulatif kita hingga hari ini sebanyak 5.046 kasus, dimana dari jumlah tersebut, 1.376 pasien masih dirawat, pasien sembuh sebanyak 3.594 orang dan pasien meninggal dunia sebanyak 76 orang,”Kata Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr.Silwanus Sumule kepada Pers, Minggu (20/09/20).

Sedangkan dari 20 kabupaten/kota yang sempat masuk dalam zona merah, hingga kini barulah lima kabupaten yang berhasil keluar dari zona merah menjadi zona hijau.

“Ada Lima kabupaten yang sudah bersih, yakni pegunungan bintang, sarmi, membramo tengah, waropen dan puncak jaya, sementara 15 kabupaten lainnya masih zona merah, “Ungkap Sumule.

Atas data ini Sumule berharap warga Papua tetap waspada dan tidak kendor dalam menjalankan protokol kesehatan.

“ Bulan lalu tingkat penyebaran kita sempat turun dan angka kesembuhan kita sempat naik, namun tiga pekan ini kita kembali kedatangan banyak pasien baru, sementara angka kesembuhan kita tidak banyak, “Jelas Sumule.

Berdasarkan infografis yang di keluarkan Satgas Covid-19 Papua, terlihat dalam sepekan terakhir angka kesembuhan memang terbilang lebih rendah dari angka terjangkit, sementara angka kematian terus meningkat.

“Dalam sepekan ini hampir tiap hari ada pasien kita yang meninggal dunia, ini menandakan kita harus makin waspada pada virus ini, jangan anggap enteng, tetap patuhi protokol kesehatan hingga vaksin covid-19 resmi di rilis pemerintah, “Tukas Sumule.

Sa Jaga Ko.., Ko Jaga Sa…, Kitong Semua Selamat… (Redaksi Topik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here